logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

ABOUT US

Gedung & Fungsi

Kampus Untag Surabaya dibangun diatas lahan seluas 7 (tujuh) hektar, terdiri dari 16 blok gedung.

 

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) dibangun diatas lahan seluas 7 (tujuh) hektar dengan memiliki beberapa blok gedung dan perkantoran untuk menunjang kegiatan yang ada di lingkungan kampus.

Berikut fungsi masing-masing blok gedung:

Gedung A atau Pusat Perkantoran YPTA Surabaya dan Rektorat

Gedung yang terdiri dari 6 lantai ini difungsikan sebagai gedung pusat pelayanan akademik dan non akademik. Pada lantai 2 gedung ini terdapat Ruang Pengurus Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya. Sementara di lantai 3 terdapat Ruang Rektor & Wakil Rektor serta Ruang Biro Rektorat. Di lantai 4 digunakan sebagai Ruang Biro Non Akademik dan Keuangan Universitas. Di lantai 5 merupakan Ruang Badan Pengembangan SDM (BPSDM), Ruang Badan Kerjasama dan Ruang Biro Akademik. Sementara di lantai 6 terdapat gedung serbaguna dengan desain teater berkapasitas 250 orang, berfungsi sebagai ruang kegiatan sivitas akademika Untag Surabaya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya bidang Pendidikan dan Penelitian.

Gedung B

Gedung B terdiri dari 3 lantai dengan lantai 1 difungsikan untuk Ruang Sekretariat, Biro Keuangan dan Ruang Pembina YPTA Surabaya. Sementara lantai 2 dan 3 berfungsi untuk Ruang Perkuliahan.

Gedung C

Terdiri dari 3 lantai yang difungsikan untuk Ruang Perkuliahan.

Gedung D (Gedung Perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Terdiri dari 3 lantai dengan lantai 1 difungsikan untuk Ruang Perkantoran, Ruang Dekan & Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Ruang Ketua Program Studi. Sementara Ruang Dosen dan Laboratorium seperti Laboratorium Kewirausahaan, Laboratorium Audit, hingga Laboratorium Statistik berada di lantai 2. Sementara beberapa ruang di lantai 2 dan 3 difungsikan sebagai Ruang Perkuliahan.

Gedung E (Gedung Perkuliahan Fakultas Psikologi)

Terdiri dari 3 lantai dengan lantai 1 difungsikan untuk Ruang Perkantoran, Ruang Dekan & Wakil Dekan Fakultas Psikologi, Ruang Ketua Program Studi dan Ruang Dosen. Pada lantai 2 difungsikan sebagai Laboratorium seperti Laboratorium Utama, Laboratorium Konseling hingga Laboratorium Anak. Sementara beberapa ruang di lantai 2 dan 3 difungsikan sebagai Ruang Perkuliahan.

Gedung F (Gedung Perkuliahan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik)

Terdiri dari 3 lantai dengan lantai 1 difungsikan untuk Ruang Perkantoran, Ruang Dekan & Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ruang Ketua Program Studi dan Ruang Dosen. Pada lantai 2 difungsikan sebagai ruang Laboratorium seperti Laboratorium Broadcasting, Radio, Media Cetak hingga Laboratorium Televisi. Sementara beberapa ruang di lantai 2 dan 3 difungsikan sebagai Ruang Perkuliahan.

Gedung G (Gedung Perkuliahan Fakultas Hukum)

Terdiri dari 3 lantai dengan lantai 1 difungsikan untuk Ruang Perkantoran, Ruang Dekan & Wakil Dekan Fakultas Hukum, Ruang Ketua Program Studi, Ruang Dosen, Ruang Bagian Tata Usaha. Pada lantai 2 difungsikan sebagai ruang Laboratorium seperti Laboratorium Praktik Peradilan hingga Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum. Sementara beberapa ruang di lantai 2 dan 3 difungsikan sebagai Ruang Perkuliahan.

Gedung H (Gedung Perkuliahan Fakultas Ilmu Budaya)

Terdiri dari 1 lantai, yang difungsikan untuk Ruang Dekan & Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Ruang Ketua Program Studi, Ruang Dosen, Ruang Bagian Tata Usaha, Laboratorium Bahasa, Pusat Layanan Bahasa dan Ruang Perkuliahan. Selain itu, juga berfungsi sebagai ruang Sekretariat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) dan Koperasi Karyawan.

Gedung I

Terdiri dari 3 lantai, yang difungsikan untuk Kantor Mata Kuliah Umum (MKU), Badan Penjaminan Mutu dan Ruang Perkuliahan Program Pascasarjana

Gedung J (Graha Widya)

Gedung Pertemuan Graha Widya terdiri dari 2 lantai. Pada lantai 1 difungsikan sebagai Laboratorium Komputer, Ruang Bagian Humas, Sekretariat UKM Resimen Mahasiswa, Ruang Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB), Ruang Biro Kemahasiswaan dan Alumni serta Sekretarian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas. Sementara pada lantai 2 merupakan ruang serba guna Mohammad Yamin dengan kapasitas 1000 orang. Penamaan gedung ini mengabadikan salah satu pahlawan Nasional Indonesia yang turut merumuskan Sumpah Pemuda.

Gedung K

Gedung K menjadi bagian dari gedung Q atau Gedung Perkuliahan Fakultas Teknik dan Fakultas Vokasi. Gedung berlantai 3 ini difungsikan sebagai laboratorium Mesin, Laboratorium Industri, Laboratorium Komputer hingga Workshop Manufaktur.

Gedung L (Graha Wiyata)

Resmi dipergunakan pada tahun 1992, Gedung berlantai 9 yang dilengkapi dengan lift ini difungsikan sebagai ruang Perpustakaan Pusat, Ruang Perkuliahan, Ruang Direktorat Sistem Informasi (DSI), Ruang Percetakan dan Ruang Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-1. Selain itu terdapat meeting room dengan nama R. Ing Soekonjono dengan kapasitas 75 tempat duduk. Sedangkan di lantai 9 terdapat ruang pertemuan yang diberi nama Rektor Kedua Untag Surabaya yaitu Drs. R. Soeparman Hadipranoto. Ruang dengan desain teater ini mampu menampung sekitar 350 tempat duduk.

Gedung M

Terdiri dari 4 lantai yang difungsikan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) 17 Agustus 1945 Surabaya

Gedung N

Terdiri dari 6 lantai yang difungsikan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) 17 Agustus 1945 Surabaya

Gedung O (Masjid Baitul Fikri)

Masjid Baitul Fikri menjadi sentral ibadah mahasiswa muslim selain mushola di lantai 2 Graha Prof. Roeslan Abdulgani. Masjid yang didirikan sejak 1994 ini bisa menampung 1100 jamaah baik sivitas akademika Untag Surabaya maupun masyarakat sekitar.

Gedung P

Terdiri dari 4 lantai yang difungsikan untuk Ruang Perkuliahan

Gedung Q (Graha Prof. Roeslan Abdulgani)

Didirikan pada tahun 2019, gedung yang diberi nama salah satu tokoh nasional Indonesia ini didesain 10 lantai, berfungsi sebagai ruang perkuliahan, perkantoran, laboratorium Fakultas Teknik dan Fakultas Vokasi serta ruang pertemuan.

Pada lantai 1 difungsikan sebagai Ruang Perkantoran Fakultas Teknik, sementara lantai 2 digunakan sebagai Ruang Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik dan Meeting Room. Ruang Administrasi masing-masing Program Studi berada di lantai yang berbeda; Prodi Teknik Informatika berada di lantai 4, Prodi Teknik Arsitektur di lantai 5, Prodi Teknik Sipil di lantai 6, Prodi Teknik Industri di lantai 7 dan Prodi Teknik Elektro berada di lantai 8. Ruang Perkantoran, Dekan dan Wakil Dekan serta dosen Fakultas Vokasi berada di lantai 9.

Gedung Student & Entrepreneurship Center

Dibangun pada awal tahun 2013 dan diresmikan pada tahun 2016, gedung dengan nama lengkap Student & Entrepreneurship Dr. (HC) Alim Markus ini merupakan proyek Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Maspion Group dengan Untag Surabaya. Didesain berbentuk tribun, gedung ini difungsikan sebagai pusat kegiatan mahasiswa. Sementara dibagian belakang gedung terdapat bangunan dua lantai yang difungsikan sebagai ruang kesekretariatan bagi 28 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Untag Surabaya.

Butuh bantuan?