logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya Tutup Rangkaian Workshop bersama UniMap Malaysia dan UMSU

Rangkaian Bilateral Workshop on Writing and Publishing High Impact Research telah berakhir dan ditutup pada Sabtu, (11/6). Kegiatan mengusung tema ‘Leveraging Interactive Digital Technology and Virtual Learning Spaces in Enhancing Motivation, Participation and Achievement Parameters in Cross-Border Collaborative Online Classrooms’. Penutupan kegiatan bertempat di Ruang Rapat Gedung Kantor Pusat lt. 4 yang dihadiri oleh tim Dosen peneliti dari Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Universiti Malaysia Perlis (UniMap Malaysia) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Pada workshop tersebut, ketiga universitas turut menggandeng FAB Enterprises.

Ketua LPPM Untag Surabaya - Aris Heri Andriawan, ST. MT. hadir dalam penutupan untuk memberikan sambutan. “Kita sudah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) sejak tahun 2019, karena pandemi kegiatan ini baru terlaksana. Kegiatan ini kita adakan dalam rangka mempersiapkan publikasi Scopus yang dimulai pada tahun ini,” katanya. Aris berharap kolaborasi dapat terus berlanjut. “Kolaborasi yang baik diharapkan melahirkan artikel yang baik pula sehingga kans untuk bisa diterima lebih besar. Tentunya menjadi awalan yang baik untuk kolaborasi dengan skala yang lebih besar,” harapnya.

Principal Investigator UniMap Malaysia - Prof Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad turut hadir untuk menyampaikan sambutan dan menegaskan pentingnya publikasi. “Kerjasama ketiga universitas ini menandai pentingnya publikasi. Kali ini diawali dengan pilot survey yang akan dilaksanakan, jangan lupa memperhatikan milestone penelitian. Harapannya bisa menghasilkan publikasi sesuai dengan yang diharapkan,” ungkapnya. Senada dengan Aris, Prof. Badlishah berharap bisa berkolaborasi riset kolaborasi yang besar. “Walau sekarang kita dalam project skala kecil, semoga membawa dampak yang besar agar bisa membawa kita ke dalam project yang lebih besar,” imbuhnya.

Project Leader UniMap Malaysia - Dr. Sharmini Abdullah yang turut serta dalam penutupan mengaku senang atas kolaborasi ketiga universitas. “Tim Untag Surabaya maupun UMSU sangat welcome dengan joint research ini. Kami belajar banyak karena kesiapan kedua universitas, sehingga penelitian yang akan dilakukan kaya dengan data,” katanya. Hal senada disampaikan oleh Project Leader UMSU - Dr. Dewi Kesuma, S.S., M.Hum. “Ketiga universitas saling melengkapi dalam kolaborasi ini, sehingga diharapkan bisa menghasilkan publikasi internasional,” ungkapnya. Baik Sharmini maupun Dewi berharap kolaborasi dapat terus berlanjut. “Dalam publikasi kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri, butuh kolaborasi seperti yang kita lakukan. Semoga bisa diperluas dengan skala lebih besar,” tutup Sharmini.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini, diakhiri dengan mengenalkan budaya Indonesia, diantaranya Batik dan makanan dengan cita rasa Jawa Timur. Tim Untag Surabaya berkesempatan untuk mengajak tim Dosen peneliti UniMap Malaysia dan UMSU berkeliling Kota Surabaya dan memperkenalkan batik khas Madura sebagai cerminan budaya Indonesia. Sesi makan malam adalah moment memperkenalkan cita rasa makanan khas Jawa Timur seperti rawon, rujak cingur, tahu campur, lontong cap gomeh dan rujak tolet. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT