logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Untag Surabaya bersama UniMap Malaysia dan UMSU Lakukan Joint Research

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus menjalin kerjasama internasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pada bidang penelitian. Upaya tersebut diwujudkan melalui kolaborasi bilateral dengan Universiti Malaysia Perlis (UniMap Malaysia) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) serta menggandeng FAB Enterprises sebagai Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam Bilateral Workshop on Writing and Publishing High Impact Research bertema ‘Leveraging Interactive Digital Technology and Virtual Learning Spaces in Enhancing Motivation, Participation and Achievement Parameters in Cross-Border Collaborative Online Classrooms’. Kegiatan digelar selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu, (10-11/6) bertempat di Ruang Rapat Gedung Kantor Pusat lt.4. Peserta merupakan tim dosen peneliti dari ketiga universitas.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan diskusi terkait penelitian yang akan dipublikasikan bersama. Sesi diskusi dipimpin oleh Project Leader Universiti Malaysia Perlis - Dr. Sharmini Abdullah. Tim riset Untag Surabaya diwakili oleh Kaprodi Sastra Inggris – Dr. Pariyanto, M.Ed. dan Dosen Fakultas Psikologi – Sayidah Aulia’ul Haque, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Adapun tim riset UMSU dipimpin oleh Dr. Dewi Kesuma, S.S., M.Hum. bersama lima anggotanya.

Kepala Bidang Kemitraan Luar Negeri Badan Kerjasama Untag Surabaya - Amalia Nurul Muthmainnah, S.I.Kom. mengatakan bahwa penelitian riset kolaborasi yang melibatkan empat institusi ini fokus terhadap online learning yang terjadi selama dua tahun terakhir, terlebih pada cross cultural seperti Dosen Unimap mengajar di Untag Surabaya dan sebaliknya. “Mendiskusikan luaran dari penelitian kolaborasi antara 4 institusi, Untag Surabaya, UMSU, UniMap dan didukung oleh FAB Enterprises. UniMap fokus terhadap perilaku Dosen, untuk Untag Surabaya dengan Umsu fokus terhadap Mahasiswa, apakah selama pandemi kemarin kuliah secara online adakah pengaruhnya dengan prestasi, seperti IPK,” ujar Amalia.

Kaprodi Sastra Inggris Untag Surabaya - Dr. Pariyanto, M.Ed. menyebutkan bahwa timnya yang terdiri dari empat dosen akan meneliti tentang prestasi belajar mahasiswa. “Untuk mengukur bagaimana online learning mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, penelitian akan dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif,” sebutnya. Adapun Dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya - Sayidah Aulia ul Haque, S.Psi., M.Psi., Psikolog. menambahkan bahwa dirinya akan meneliti motivasi belajar mahasiswa selama online learning bersama tiga dosen lainnya. “Penelitian dengan teknik analisis deskriptif akan dilakukan pada 125 mahasiswa yang dipilih melalui random sampling dengan 31 aitem. Dari uji reliabilitas, hanya ada 28 aitem yang valid dan tiga lainnya gugur,” paparnya.

Seluruh peserta yang terlibat dalam diskusi ini mengaku senang dengan kolaborasi yang dilaksanakan, seperti Project Leader UMSU - Dr. Dewi Kesuma, S.S., M.Hum. “Senang bisa berkolaborasi karena kolaborasi penelitian ini akan dilakukan selama dua tahun. Untuk rangkaian pertama di Untag Surabaya, yang kedua rencananya di UniMap Malaysia,” sebutnya. Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UMSU ini menuturkan bahwa timnya siap melakukan penelitian terkait Learning Management System (LMS). “Kami akan meneliti tentang kaitan antara LMS dengan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Dari hasil diskusi hari ini akan dikembangkan menjadi instrumen angket untuk mahasiswa ketiga universitas. Tentu targetnya untuk bisa publikasi Scopus,” tuturnya.

Sementara itu, Project Leader UniMap Malaysia - Dr. Sharmini Abdullah mengaku terkesan dengan kesiapan Untag Surabaya dan UMSU dalam pilot survey. “Penelitian yang akan dilakukan kaya dengan data karena pengumpulan data akan dilakukan di ketiga universitas, baik mahasiswa maupun dosen. Pengumpulan data berakhir di 10 Juli dan dilanjutkan dengan analisis data,” jelasnya. Sharmini melanjutkan bahwa akan ada workshop lanjutan. “Pada 26 Agustus mendatang, full paper wajib dikumpulkan ke tim UniMap Malaysia dan kita akan melaksanakan pertemuan virtual untuk presentasi. Rencananya ada tiga jurnal Scopus tujuan yakni Geme, Pertanika, dan MCLI asal perguruan tinggi top Malaysia,” lanjutnya.

Saat ditemui di akhir kegiatan; Ketua Pelaksana Bilateral Workshop - Erni Puspanantasari Putri, ST., M.Eng., Ph.D. mengatakan bahwa output dari bilateral workshop akan terus berlanjut. “Kedatangan tim UniMap ke Untag Surabaya dalam rangka mempersiapkan luaran penelitian untuk diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. Di tahun pertama ada empat artikel yang di-submit untuk publikasi dan akan ada tiga artikel lainnya yang akan di-submit pada tahun depan,” terangnya. Erni berharap kolaborasi ketiga universitas dapat merambah pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya. “Semoga kerjasama ini bisa diperluas ke bidang bidang lain, misalnya joint-degree, student exchange dan kerjasama pengabdian masyarakat sehingga membawa manfaat lebih luas,” tutupnya. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT