logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tunjukkan Kualitas, Tiga Mahasiswa Prodi Sastra Jepang Diterima Magang Di Kansai, Jepang

Kembali menunjukkan kualitas akademik di tingkat internasional, Program Studi (Prodi) Sastra Jepang Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya telah mengirim tiga mahasiswa untuk mengikuti program internship di APA Hotel Kansai, Jepang. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Danii Divian Iqbal Muhammad, Anisa Oktaviasari, dan Rezanty Indah Aulia, yang saat ini sedang menempuh semester enam, (29/1).

Ketua Program Studi Sastra Jepang, Dra. Endang Poerbowati, M.Pd., menjelaskan bahwa Prodi Sastra Jepang telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan di Jepang. "Prodi Sastra Jepang telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan di Jepang untuk merekrut mahasiswa berprestasi dari Untag Surabaya guna menjalani program internship di Jepang," ujarnya.

Dengan konsistensi yang tinggi, Prodi Sastra Jepang rutin mengirim delegasi mahasiswa untuk menjalani program internship di berbagai perusahaan Jepang. "Kami telah berhasil bersaing dengan universitas lain dan selalu mendapatkan alokasi delegasi terbanyak. Bahkan, pada kesempatan terakhir, dari empat mahasiswa yang terpilih untuk internship di APA Hotel, sebuah hotel bintang empat di wilayah Kansai, tiga di antaranya berasal dari Prodi Sastra Jepang Untag Surabaya," ungkap Dra. Endang.

Selain itu, terdapat peluang yang luas bagi mahasiswa yang memiliki sertifikasi bahasa Jepang untuk menjalani program internship di Jepang. "Kami gembira mengumumkan bahwa mitra kami yang telah bekerjasama dengan Prodi Sastra Jepang memberikan peluang sebanyak-banyaknya bagi mahasiswa. Namun, perlu diingat bahwa untuk persyaratan imigrasi, mahasiswa minimal harus memiliki sertifikasi Japanese-Language Proficiency Test (JLPT) setidaknya pada tingkat N4," jelasnya.

Dra. Endang mengajak seluruh mahasiswa Untag Surabaya untuk memanfaatkan kesempatan ini dan menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi prosesnya. "Kepada seluruh mahasiswa Untag Surabaya, mari kita sambut dengan antusias peluang untuk menjalani program internship di Jepang. Di Prodi Sastra Jepang, kami menyediakan fasilitas seperti mata kuliah Bahasa Jepang Dasar yang tersedia bagi semua mahasiswa Untag Surabaya," ajaknya.

Di sisi lain, salah satu mahasiswa Prodi Sastra Jepang yang berhasil diterima magang di Jepang, Rezanty Indah Aulia, mengungkapkan kegembiraannya saat dinyatakan lolos melalui berbagai tahap seleksi. "Setelah melewati serangkaian tahap seleksi, termasuk administrasi dan wawancara, saya merasa sangat bangga dan terharu. Namun, perjuangan saya belum berakhir di situ. Masih ada tahap pembuatan dokumen seperti paspor, visa, dan lainnya sebelum akhirnya jadwal keberangkatan ditetapkan pada tanggal 31 Januari 2024," jelas mahasiswa yang akrab disapa Indah.

Indah juga mengajak seluruh mahasiswa Untag Surabaya untuk terus berjuang mengejar impian meskipun terkadang terasa sulit untuk direalisasikan. "Pada awalnya, pergi ke Jepang terasa seperti mimpi yang tidak mungkin bagi saya. Namun, ternyata jika kita berjuang dengan tekad yang kuat, maka segala hal pasti dapat terwujud," ungkap mahasiswa semester lima tersebut. (vs/rz)



PDF WORD PPT TXT