logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tingkatkan Kerjasama Internasional, Untag Surabaya Gandeng Xavier University

Dengan motto ‘An Empowering and Networking University’, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus menjalin kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri.. Selasa, (9/11) Badan Kerjasama menggelar MoU and MoA Signing bersama Xavier University - Ateneo de Cagayan, Filipina. Kegiatan digelar secara hybrid dengan luring terbatas di Ruang Q205-210 Gedung Graha Prof. Roeslan Abdulghani lantai 2. Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA, CPA menandatangani MoU bersama Presiden Xavier University - Fr. Mars P. Tan, SJ.

Dalam sambutannya, Prof. Nugroho mengatakan, “Untag Surabaya berupaya memperluas kemitraan terkhusus di ASEAN. Merupakan kehormatan untuk bisa bermitra dengan kampus  bereputasi di Filipina.” Menurutnya, meski di masa pandemi, proses dan implementasi MoU harus terus berjalan, “MoU merupakan legal standing untuk kerjasama lebih lanjut. Tentunya merupakan awal yang baik untuk 5 tahun ke depan.” Mars pun menyambut baik kerja sama yang dijalin. “Kerjasama berupa pertukaran dan sharing knowledge berguna untuk mahasiswa maupun dosen. Terlebih di bidang riset, pengembangan hingga teknologi. Kolaborasi kedua universitas menjadi penting,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoA oleh Dekan FISIP Untag Surabaya - Dr. Zakariya, M.M., M.S. bersama Dean of College of Agriculture Xavier University - Dr. Ma. Rosario P. Mosqueda. Zakariya merasa berbangga karena FISIP akan berkolaborasi, “Saya senang karena fakultas yang saya pimpin akan menjadi pilot project untuk MoA kali ini.” Adapun Rosario menuturkan, “Tentu kerjasama ini akan berdampak baik terutama untuk bidang keilmuan. Kami seang karena Untag Surabaya memilih College of Agriculture.”

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kerjasama Untag Surabaya - Dr. Tri Pramesti, MS. setuju bahwa kegiatan yang digelar tersebut merupakan kesempatan emas untuk implementasi kerjasama, “Apalagi Untag Surabaya dengan motto dan rencana strategis yang dimiliki terus aktif berkolaborasi baik secara nasional dan internasional. Sejak 2009 kerjasama internasional dijalin untuk pertukaran dosen mhs dan staf.” Dia menambahkan, “Meski di masa pandemi, kami ingin kolaborasi secara internasional baik untuk pertukaran maupun riset.”

Program studi Ilmu Komunikasi didapuk sebagai pilot project dalam implementasi MoU bersama Development Communication Department Xavier University. Saat ditemui di akhir kegiatan, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi - Moh. Insan Romadhan, S.I.Kom., M.Med.Kom. “Implementasinya selama lima tahun dan target kami semester depan mulai berjalan. Jadi berupa pertukaran mahasiswa dan dosen serta joint research.” Dia berharap, “Semoga dengan implementasi pada semester genap 2021/2022, mahasiswa maupun dosen akan memiliki pengalaman internasional.” (um)



PDF WORD PPT TXT