logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tim Robot Untag Surabaya Fokus Juara KRI Wilayah Tahun 2022

Kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika oleh  Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia akan segera digelar. Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2022 telah memasuki babak penyisihan wilayah pada 7-19 Juni 2022.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melalui Tim Siola, Rosar-17, dan Retag telah mempersiapkan diri untuk berlomba dalam 3 divisi. Dijumpai saat wawancara Kamis (19/05), Dosen Pembimbing Tim Siola menjelaskan terdapat 3 tim dari Untag Surabaya yang akan berlaga Juni medatang. “Tahun lalu Untag Surabaya ikut dalam 2 divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRTMI). Tahun ini kita ikut dalam 3 divisi yaitu KRAI dengan Dosen Pembimbing Dimas Aditya Putra Wardhana, S.ST., M.Tr.T., KRTMI dengan dosen pembimbing Mamat Septyan, S.ST., M.T., dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dengfan dosen pembimbing Santoso, S.T., M.T. ,” jelas Dimas Aditya Putra Wardhana, S.ST., M.Tr.T..

Pada KRI tahun ini terdapat beberapa tema pada masing-masing divisi.  Pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) mengacu pada ABU Asia Pasific Robot Contest 2022 ‘LAGORI - The ABU Robocon 21st  Game’, Lagori merupakan salah satu permainan tradisional asal India. Sedangkan untuk KRSRI mengusung tema ‘Otonom Penyelamat Korban Kebakaran’ dan tema dalam divisi KRTMI mengadopsi permainan tradisional Dam-Daman.

Masih sama seperti tahun sebelumnya, Dimas mengatakan bahwa KRI wilayah II tahun 2022 dilaksanakan melalui sambungan daring. Jaringan internet menjadi salah satu perhatian dalam persiapan yang dilakukan oleh Tim Robot Untag Surabaya. “Berdasarkan dari pengalaman daring sebelumnya, koneksi internet menjadi salah satu perhatian guna menunjang lancarnya uji coba ketika lomba. Oleh karena itu kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kampus dan Dirktorat Sistem Informasi (DSI) untuk bisa meningkatkan koneksi internet pada lokasi yang akan dipakai zoom nanti,” ujar Dosen Teknik Elektro Untag Surabaya.

Dengan semangat patriot merah putih dan membawa visi yang sama. Tim Robot Untag Surabaya berharap bisa menjadi juara KRI Wilayah Tahun 2022 dan dapat berlaga secara luring dalam KRI Nasional Tahun 2022 di ITS. “Harapannya bisa menjadi juara dan bergabung dalam KRI Nasional di ITS,” harap Dimas.

Sementara itu, Ketua Tim Siola – Ari Nur Rahman sangat berharap selama proses dan saat kompetisi, seluruh timnya dapat menjaga kekompakan dan tidak mudah putus asa. Menurutnya, kekompakan dan kerja keras tim menjadi salah satu unsur penting dalam persiapan lomba kali ini. “Meski waktu yang diberikan pada tahun ini cukup singkat, dengan kekompakan dan kerja keras kami akan berupaya menghasilkan robot terbaik,” tutur mahasiswa Fakultas Vokasi Untag Surabaya. Ketertarikan alumni SMKN 1 Driyorejo ini dalam bidang pemrograman dan elektrikal mengantarkannya menjadi salah satu tim robot yang dimiliki Untag Surabaya hingga menjadi Ketua Tim Siola dalam KRI tahun 2022. (am/rz/kr)



PDF WORD PPT TXT