logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Study in Japan, Bangkitkan Semangat Mahasiswa Untag Surabaya Belajar Ke Jepang

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bekerjasama dengan Okayama University mengadakan webinar Study in Japan for ASEAN, Senin (22/11) lalu. Diikuti oleh lebih dari 200 peserta, kegiatan dibuka oleh Konsul Muda Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya – Tsumura Moe. Dalam sambutannya Tsumura menuturkan, saat ini pemerintah Jepang mulai meninjau kembali pembatasan masuk WNA ke Jepang. Akses masuk bagi seluruh pelajar yang akan bersekolah ke Jepang dan memenuhi syarat telah dibuka kembali. “Mulai tanggal 8 November pemerintah telah meninjau kembali kebijakan larangan masuk ke Jepang. Dengan keadaan tersebut, webinar tentang belajar ke jepang ini merupakan sesuatu yang meyenangkan dan patut di apresiasi.” pungkas Tsumura. Sementara itu, melalui webinar ini, Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa Prodi Sastra Jepang untuk bisa melanjutkan Pendidikan di Negeri Sakura. “Semoga mahasiswa Untag Surabaya khususnya mahasiswa Prodi Sastra Jepang yang telah terakreditasi A mampu termotivasi untuk melanjutkan Pendidikan ke Jepang.”  Ujar Prof. Nugroho. Dengan adanya webinar Kerjasama antara Untag Surabaya dengan Okayama University ini, Prof. Nugroho berharap mampu menjadi media yang mencetak generasi unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang menguasai berbagai keilmuan sehingga berguna untuk memasuki dunia kerja.

Pada webinar kali ini, dihadirkan pemateri yang merupakan dosen Untag Surabaya dan alumni Universitas Okayama, Dr. Samsul Huda membagikan pengalaman apa saja yang bisa didapat dan bagaimana bisa melanjutkan Pendidikan di Negeri Sakura. Salah satu beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Jepang adalah beasiswa MEXT. Beasiswa ini memberikan beasiswa penuh dan tersedia bagi mahasiswa Sarjana, Magister, maupun Doktor. “Pada oktober 2020 saya berhasil menyelesaikan studi dengan beasiswa MEXT yang diberikan oleh Pemerintah Jepang. Untuk bisa melanjutkan magister atau doktor awal komunikasi dimulai dengan mencari Profesor di kampus tujuan sekaligus seleksi awal, baru kemudian diberikan rekomendasi.” Ungkap Samsul.

Kegiatan yang berlangsung dalam dua bahasa, Jepang dan Indonesia. Dosen Prodi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya – Umul Khasanah, S.Pd., M.Lit. sebagai penerjemah bahasa Indonesia. Dalam kesempatan yang sama juga hadir Dr. Nanba Emi yang memberikan wawasan mengenai Pre-Master Course dari Okayama University. Program ini merupakan kursus Bahasa Jepang akademik dan ditujukan bagi calon mahasiswa pascasarjana yang akan belajar ke Jepang. Kemudian hadir pula mahasiswa Okayama University baik dari Jepang maupun Indonesia, Minori Yamada dan Irin Tri Anggraini yang berbagi pengalaman studinya di Jepang. Kegiatan ditutup oleh Kepala Prodi Sastra Jepang – Dr. Endang Poerbowati, M.Pd. dengan memberikan informasi mengenai beasiswa Study in Japan yang ada di Untag Surabaya, “terimakasih kepada Okayama University yang telah bersedia berbagi wawasan serta informasi mengenai pandangan beasiswa dan informasi lainnya. Prodi Sastra Jepang Untag Surabaya akan bersiap untuk melakukan pembelajaran di Jepang.” (am/ua/rz/kr)



PDF WORD PPT TXT