logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Program Kampus Merdeka Prodi Sastra Jepang dengan PT JIPA, Cetak Generasi Siap Kerja

Program studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya kembali mengirim sejumlah mahasiswanya untuk melakukan magang atau internship di negeri matahari terbit, Jepang. Pada penyelenggaraan kegiatan magang ini, Prodi Sastra Jepang menggandeng PT JIPA (Jepang Indonesia Program Akademik). Program magang ini menjadi langkah nyata dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Prodi Sastra Jepang FIB Untag Surabaya untuk mencetak generasi yang nantinya siap memasuki dunia kerja.

Ditemui di ruangannya, Selasa (9/10), Kaprodi Sastra Jepang-Dra. Endang Poerbowati, M.Pd., menuturkan, pelaksanaan magang mahasiswa bekerjasama dengan PT JIPA sudah terlaksana sejak 2017 dengan lebih dari 50 mahasiswa telah mendapatkan pengalaman langsung bekerja di Jepang. “Lebih dari 50 mahasiswa, tiap tahun pasti ada bahkan per tiga bulan. Ketika tahun 2018 sebelum pandemi, itu kenceng kecengnya wisatawan asing sampai dalam satu tahun itu kita bisa ada tiga kali perekrutan,” tutur Endang.

Setiap mahasiswa yang ingin menempuh program magang diwajibkan minimum menyelesaikan semester 4 atau sedang menempuh semester 5. Selain itu mahasiswa lebih dulu mengikuti serangkaian proses sebelum bisa berangkat seperti persyaratan dokumen dan wawancara (oleh). Dengan seleksi yang cukup ketat, mahasiswa Prodi Sastra Jepang diberikan kesempatan untuk melakukan magang di hotel berkelas bintang atas di Jepang diantaranya Kota Hokaido dan Kota Kobe. Program magang sendiri berlangsung minimal satu semester dan setara dengan 20 SKS.

Dipaparkan Endang, pelaksanaan magang ini menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Meski, program magang yang dicanangkan Kemendikbud ini sudah lebih dulu terlaksana di Sastra Jepang Untag Surabaya. Adanya magang menjadi kesempatan mahasiswa untuk mempelajari budaya dan etos kerja utamanya masyarakat negeri sakura secara langsung sebelum lulus. “Banyak mahasiswa yang telah menyelesaikan program magang ini mendapatkan tawaran pekerjaan dari Hotel di Indonesia salah satunya Hotel J.W Marriot Group,” pungkasnya. (am/ua/rz)



PDF WORD PPT TXT