logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Perluas Relasi, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Adakan Seminar dan Sharing dengan Alumni

Fakultas Ilmu Budaya Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melalui Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMASI) mengadakan seminar bertajuk ‘Future Opportunities for English Literature Program’ dengan dua pemateri yang berfokus pada bidang pariwisata. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung R. Ing Soekonjono, lantai enam, (17/5).

Dihadiri oleh 190 mahasiswa dari berbagai fakultas, kegiatan ini memberikan atmosfer tersendiri bagi mahasiswa yang memang berminat untuk terjun langsung di bidang pariwisata. Bramantya Pradipta S.Hum., M.Hum. selaku pembina HIMASI sekaligus pemberi sambutan menyampaikan bahwa jurusan sastra adalah ladang pengalaman, disana terdapat kesempatan untuk berkomunikasi antar bahasa, mempelajari lintas budaya dan mencari jaringan.

Bramantya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa mendapatkan wawasan dan jaringan relasi terkait dunia travel dan pariwisata. “Menurut saya, Prodi Sastra adalah jurusan paling fleksibel. Kita bisa pergi ke mana saja dengan kemampuan berbahasa asing yang baik, ditambah dengan jaringan dari berbagai latar belakang bahasa, budaya, dan daerah yang berbeda,” tuturnya.

Muhammad Nur Huda Pangestu S.S – Direktur Utama CV Restu Dian Prima Tour and Travel sekaligus pembicara pertama dalam seminar ini, memaparkan materi terkait kemampuan public speaking dalam bahasa Inggris dan mengenalkan mahasiswa tentang travel agency. “Mahasiswa sastra, terutama yang pernah magang atau menjadi freelance dalam Travel Agency, pasti sudah paham betul bahwa kemampuan public speaking dan bahasa Inggris sangat krusial di sana. Juga, pemahaman yang baik terkait trik pemasaran yang jitu dalam travel agency," jelasnya.

Muhammad Ziddan Bima P. S.S – Field Coordination Dewisata juga turut hadir sebagai pemateri kedua yang memaparkan materi tentang tour leader. Berbekal segudang pengalaman di bidang pariwisata, dia mencoba menyelami dunia tour dan travel. "Tour dan travel adalah bidang yang sangat menyenangkan bagi saya yang suka traveling dan berkomunikasi. Namun, ada beberapa kendala yang saya hadapi awalnya, jadi saya ingin berbagi solusi yang saya terapkan terhadap hambatan yang dihadapi mahasiswa sastra di bidang pariwisata, salah satunya public speaking," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan menjadi lebih terbuka terhadap peluang kerja di bidang pariwisata. Kegiatan ini juga sekaligus dapat menambah jaringan (networking) mahasiswa dengan pemateri yang merupakan Alumni Fakultas Ilmu Budaya dalam bidang pariwisata. (ma/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?