logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Aparatur Kecamatan Terhadap Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kota Samarinda

Muhammad Noor, Selasa (29/12/2015) di Untag Surabaya telah berhasil menyelesaikan Program Studi Doktor Ilmu Administrasi , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya, disertasi yang diajukan “ Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Aparatur Kecamatan Terhadap Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kota Samarinda”.

Disertasi yang diajukan oleh Muhammad Noor untuk mencari inovasi, kiat dan terobosan baru agar pemberdayaan aparatur pemerintah dapat dioptimalkan sehingga dapat mendukung terciptanya pelayanan publik yang efisien dan cepat. Serta mengelola dan memanfaatkan sumber daya aparatur secara optimal dengan menggali potensi – potensi yang dimiliki untuk meningkatkan pelayanan publik melalui kebijakan yang realistis dan terpadu di Kota Samarinda.

 Dalam Penelitiannya ditemukan terdapat pengaruh yang signifikan dari pengembangan sumber daya aparatur kecamatan terhadap pelaksanaan pelayanan publik di kota Samarinda. Pengembangan sumber daya aparatur yang terdiri dari dimensi pembelajaran, pendidikan, pengembangan, dan pelatihan secara signifikan berpengaruh positif terhadap pelaksanaan pelayanan publik. Untuk dimensi pembelajaran berpengaruh paling tinggi, sedangkan dimensi pelatihan memberikan pengaruh paling rendah, ”kata Noor.

“ Saya merekomendasikan bahwa,  pembelajaran SDM  Aparatur kecamatan di kota Samarinda perlu ditingkatkan dan menjadi prioritas utama dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan  SDM aparatur, ” tambah Noor.

“Sebagai tindak lanjut, kedepan saya akan melakukan kajian untuk membahas tentang pengembangan sumber daya aparatur terkait indikator – indikator lain yang mempunyai berpengaruh terhadap kualitas – kualitas sumber daya khususnya pada pelaksanaan pelayanan publik,”tutupnya. (menik)



PDF WORD PPT TXT