logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Lestarikan Permainan Tradisional, YPTA Surabaya Gelar Lomba Tradisional Semerakkan Kemerdekaan

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya menggelar menyambut perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 turut memeriahkan dengan menggelar tiga macam perlombaan tradisional yakni lomba tenis meja, egrang dan gobak sodor. di ruang terbuka. Peserta dari lomba ini melibatkan sivitas akademika YPTA mulai dari  Guru/Dosen sampai tenaga kependidikan SMP 17 Agustus 1945, SMA 17 Agustus 1945 dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Ketua YPTA Surabaya - J. Subekti, S.H., M.M hadir secara langsung untuk memberikan motivasi dan sekaligus membuka perlombaan di Plaza Proklamasi 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, (4/8). “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan ini penting bahwa butuh fisik yang sehat dan rohani yang kuat untuk mengisi Kemerdekaan Indonesia. Lomba gobak sodor dipilih karena mengandung arti kerja sama, pengertian dan toleransi. Begitu juga dengan permainan egrang, apapun pangkat seseorang kakinya pasti membumi di atas tanah. Jadi Untag Surabaya bisa menghidupkan kembali budaya Indonesia,” papar Ketua YPTA.

Subekti menyebutkan bahwa YPTA Surabaya menggelar beragam lomba untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia. “Kami memilih olahraga dan melestarikan permainan tradisional. Saat ini permainan tradisional dilanda modernisasi, sehingga harus mulai dikenalkan kembali,” sebutnya. Menurutnya, rangkaian lomba tersebut turut mengisi Kemerdekaan dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia. “Tentu permainan tradisional berperan untuk meningkatkan gotong royong, kebersamaan dan toleransi pada sivitas akademika dari tiga satuan pendidikan YPTA Surabaya,” ungkap Subekti.

Tenis Meja Menjadi Pembuka Rangkaian Lomba Dengan Bola Pertama Yang Dipukul Oleh Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. Ketiga lomba terdiri dari berbagai tahapan mulai penyisihan, perempat final dan semifinal mulai Kamis, (4/8) hingga Kamis, (11/8). Puncaknya adalah final pada Jumat, (12/8). Pengumuman pemenang dijadwalkan setelah Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Senada dengan Subekti, Direktur SDM dan Umum YPTA Surabaya - Eddy Wahyudi, SH., M.Si. mengatakan bahwa YPTA Surabaya berkomitmen dalam pelestarian permainan tradisional. “Melalui lomba yang diadakan hari ini, kita punya komitmen untuk menjaga kebudayaan Indonesia, salah satunya permainan tradisional,” katanya. Eddy pun menyoroti semangat kemerdekaan yang harus terus dikobarkan. “Setiap peringatan Proklamasi, YPTA Surabaya mengadakan lomba untuk mengangkat semangat memperingati Kemerdekaan Indonesia,” paparnya. (ms/rz)



PDF WORD PPT TXT