logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Japaniversal 2021, Sambut Mahasiswa Baru Prodi Jepang Untag Surabaya

Setelah tertunda selama dua tahun karena adanya pandemi, kegiatan Japaniversal Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali digelar, Sabtu (13/11). Japaniversal atau dikenal Bunkasai merupakan acara unggulan dari Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Jepang (Himawari) berupa pengenalan kebudayaan Jepang dan mampu menarik banyak minat masyarakat.

Cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Japaniversal kali ini terselenggara dengan konsep yang berbeda. “Bunkasai kali ini diisi dengan acara yang mampu memberikan support kepada mahasiswa dan terbatas hanya untuk mahasiswa baru Prodi Sastra Jepang,” tutur Kepala Prodi Sastra Jepang Dra. Endang Poerbowati, M.Pd saat diwawancara. Selain lokasi penyelenggaraan yang berpindah dari kampus ke BG Junction Mall Surabaya, kegiatan juga dilaksanakan secara hybrid. Hanya 60 peserta yang diperbolehkan hadir secara luring, selebihnya mengikuti secara daring.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Prodi Sastra Jepang-Dra. Endang Poerbowati, M.Pd., dan dilanjutkan dengan sharing session oleh dosen-dosen serta alumni yang memiliki kiprah di Jepang. Salah satu dosen tersebut ialah Drs. Cuk Yuana, M.Hum. yang dipercaya bekerjasama dengan perusahaan Jepang menjadi penerjemah komik-komik dari negara Sakura hingga sekarang.

Acara juga diisi oleh alumni Prodi Sastra Jepang, Andreas Crystivian Dani.  Selama menempuh studi, Andreas berhasil mendapatkan banyak prestasi seperti berkesempatan magang di perusahaan property ternama Jepang, Marimo Holdings Co., Ltd. Selain itu, melalui relasi yang dibangun bersama perusahaan-perusahaan Jepang, saat ini Andreas berhasil mendirikan tempat khusus pelatihan magang ke Jepang.

Melalui acara ini Endang berharap mampu membuka wawasan para mahasiswa mengenai karir apa saja yang mampu digeluti maupun kesempatan-kesempatan yang bisa diraih untuk menjadi lulusan yang siap kerja. “Dengan adanya acara ini diharapkan mampu memberikan support kepada mahasiswa untuk aktif dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga ketika mereka mampu berprestasi dan menguasai pembelajaran, tentunya membuka kesempatan salah satunya untuk magang langsung di Jepang atau bekerjasama dengan perusahaan Jepang, jadi nanti setelah lulus mereka sudah siap kerja.” pungkas Endang. (am/ua/rz)



PDF WORD PPT TXT