logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

HIMAMETA FT UNTAG Surabaya Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HIMAMETA) Fakultas Teknik UNTAG Surabaya sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Ruang I 201 lantai 2 Gedung Pascasarjana. Kegiatan ini mayoritas dihadiri oleh mahasiswa baru angkatan tahun 2015, Rabu (9/9/2015).

Program PKM melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat)  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar, berkarya, berkreativitas untuk meningkatkan kemampuan yang mempunyai daya saing

 “ Bagi mahasiswa yang berhasil membuat proposal dan bisa upload ke Dikti akan mendapatkan uang pengganti pembuatan proposal sebesar Rp 500.000,00 per proposal,” kata Hardjo Saputro,ST.MT Kepala Bagian Penelitian LPPM UNTAG Surabaya.

Hardjo yang juga selaku Instrukur pelatihan penyusunan proposal PKM tersebut memberikan gambaran kepada peserta mengenai jenis-jenis PKM. “ Ada tujuh jenis kegiatan dalam program PKM yaitu: PKM Penelitian (PKMP), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Karya Cipta (PKM-KC),” kata dosen Teknik Mesin itu.

Hardjo menambahkan agar proposal PKM bisa diterima Dikti ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu baca dan pahami buku panduan yang disediakan, pahami perbedaan substansi antara PKM yang satu dengan PKM yang lain, pahami aturan tentang yang diizinkan dan yang tidak dizinkan. “ Selain itu, pahami kelengkapan yang harus disertakan, patuhi format, dan sistematika kepenulisan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Untuk memberikan gambaran mengenai cara menyusun proposal PKM kepada peserta, Hardjo memberikan contoh-contoh judul PKM yang telah lolos Dikti dan kegiatan sosialisasi PKM diakhiri dengan sesi tanya jawab. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memperluas wawasan, menyalurkan bakat minat, serta pembentukan karakter mahasiswa sesuai dengan tujuan perguruan tinggi. 



PDF WORD PPT TXT