logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Guru Harus Dilengkapi Self Efficacy Penuh Untuk Membangun Karakter Bangsa

Muhammad Safri Hammado, Mahasiswa Untag Surabaya, telah menyelesaikan Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) Untag Surabaya pada pertengahan bulan desember 2015. Disertasi yang diajukan adalah “ Pengaruh citra sekolah terhadap inovasi melalui self leadership, self concept, self efficacy mengajar guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Provinsi Sulawesi Barat ”.

Ketua sekolah tinggi ilmu sosial dan politik bina generasi Polewali Mandar, Sulawesi Barat tersebut mengatakan penelitian ini untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh citra sekolah, terhadap inovasi mengajar guru melalui self leadership, self concept dan self efficacy SMA Negeri di Provinsi Sulawesi Barat.

" Penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa self leadership, self concept, dan self efficacy berpengaruh positif terhadap inovasi. Dimana selain empat kompetensi yang dituntut pada guru, yakni pedagogic, kepribadian, social dan professional, juga harus dilengkapi tanggung jawab (self efficacy) penuh membangun karakter daerah dan bangsa, dengan membangun suri teladan bagi peserta didik dan masyarakat, sedang citra sekolah tidak mempengaruhi inovasi, " ucap laki – laki kelahiran Majene, 20 juni tersebut.

" Saya sangat mengaharapkan kepada stokerholder pendidikan untuk memberikan kesempatan kepada setiap guru yang mempunyai inovasi untuk mengembangkan diri, mengasah diri, menggali potensi melalui pendidikan, pelatihan, diklat dan penataran untuk mengembangkan self leadership, self concept, self efficacy yang akan mengembangkan inovasi mengajar bagi guru di kelas, " harap pengelola pembelajaran jarak jauh S2. STIM LPI Makasar Raya di Provinsi Sulawesi Barat.

" Karena menurut saya sekali guru tetap guru. Di sekolah, di rumah, di pasar atau di dimana saja. Guru dituntut untuk membentuk citra sekolah, tempat dimana mereka mengabdi, " tutupnya. (latifah)



PDF WORD PPT TXT