logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

FS Untag Surabaya Selenggarakan Bunkai Ni Fureai

Sastra Jepang Fakultas Sastra UNTAG Surabaya kemarin (17/10/2014) menyelenggarakan Bunkai Ni Fureai atau pengenalan huruf jepang bersama Mr. Tsukamoto Yuzo, dan Ms. Oonishi Yuka dari Kansai University Japan di Meeting Room 1, Gedung Graha Wiyata

Acara tersebut memiliki dua kegiatan yaitu:  Shodo Ni Fureai adalah mengenal kaligrafi jepang dan Moji Game adalah game huruf jepang.

“Tujuan dalam kegiatan ini adalah yang pertama, memperkenalkan budaya jepang dan yang kedua, untuk menindaklanjuti kerjasama antara UNTAG dengan Kansai University Japan dalam bentuk pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian,” kata Zida wahyudin kepala prodi sastra jepang

Beliau juga mengatakan sastra jepang nantinya akan melakukan pertukaran pelajar tetapi harus melalui proses-proses yang seperti saat ini dilakukan yaitu pengenalan seni, pengabdian dan penelitian baru bisa pertukaran pelajar.

“Selain itu juga akan ada beasiswa tetapi mulai ditawaran untuk angkatan setelah 2014, karena tahun pertama untuk pendidikan, pengabdian dan penelitian. Setelah itu baru ada beasiswa untuk tahun kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dan tahun 2015 kami akan mengirim dua mahasiswa ke Jepang,” tambah beliau.

Kansai University Japan datang ke UNTAG sudah tiga kalinya dan disambut antusias oleh peserta. Bahkan, narasumber dari Jepang kaget kepada mahasiswa baru (MaBa) yang baru mengenal bahasa Jepang ternyata bisa menulis dan melakukan origami.

Peserta dalam acara tersebut selain dihadiri oleh mahasiswa Sastra Jepang juga mengundang siswa SMATAG dan SMPTAG Surabaya tetapi kegiatan tersebut lebih ditekankan pada mahasiswa Sastra Jepang angkatan 2014 karena untuk program praktek nihonggo, lebih mengenal lagi seni kaligrafi jepang yaitu shodo, dan origami atau seni melipat kertas.



PDF WORD PPT TXT