logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Dosen Psikologi Untag Surabaya Dipercaya Jadi Trainer Atlet Junior Baseball Jatim

Sejumlah atlet junior cabang olahraga Baseball Jawa Timur mengikuti kegiatan outbond di Pacet, Jawa Timur. Pada kegiatan ini, 3 dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya dipercaya menjadi trainer kegiatan outbond pada Kamis (18/11) lalu. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pembentukan karakter dan mental para atlet muda. Pelatih atleh junior cabor Baseball Jatim, Syaiful Noer menuturkan, kegiatan outbond menjadi agenda refreshing atlet. Kegiatan outdoor itu juga merupakan agenda tahunan. “Sudah melakukan latihan selama 4 bulan ini, jadi jadwalnya untuk mereka refresh. Ini juga untuk mengobati rasa kejenuhan,” ungkapnya.

Selain refreshing, Syaiful menyebut kegiatan outbond menjadi media para atlet untuk mempelajari hal-hal diluar teknis permainan Baseball. Nilai kejujuran, kerjasama, kekompakan hingga saling membantu untuk mencapai target menjadi nilai-nilai yang bisa dipelajari atlet melalui permainan-permainan outbond. “Hal-hal seperti ini saat pertandingan muncul,” kata Syaiful. Lebih lanjut Syaiful mengatakan, bimbingan Psikologi untuk atlet menjadi hal yang cukup penting. “Psikologi menurut saya sangat penting, baik mental, spiritual, kerjasama tim. Itu yang butuh saat pertanding. Bukan hanya teknis saja, mental lebih penting,” paparnya.

Kegiatan outbond didukung penuh oleh Sentra Pembinaan Olahraga Pelajar (SPOP) Baseball Jawa Timur. Disampaikan oleh Ketua Pengurus SPOP Baseball Jawa Timur-Didik Hadi Prastowo, SE., adanya kegiatan outbond membantu terwujudnya kekompakan hingga rasa saling mendukung antar atlet saat di lapangan. Didik mengatakan, “dalam kegiatan ini kami menggandeng Psikologi Untag Surabaya dan sangat dibantu.” Lebih lanjut Didik berharap, lewat outbond ini diharapkan mampu membantu para atlet junior dalam menghadapi pertandingan Baseball Januari mendatang.

Sementara itu, menanggapi keterlibatan dosen Psikologi Untag Surabaya dalam kegiatan outbond ini, Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya-Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si., Psikolog., mengungkapkan, “senang menjadi bagian dalam mencetak generasi muda, utamanya di Jatim.” Amanda berharap, para atlet junior Baseball Jatim ini tidak hanya jago dalam skill olahraga Baseball saja, melainkan kondisi kesehatan mental mereka juga dalam kondisi prima. Perempuan berjilbab ini turut berharap agar semua atlet tetap mampu membawa diri baik saat sendirian maupun bersama tim. (ua)

 



PDF WORD PPT TXT