logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Delapan Mahasiswa UNTAG Surabaya Berhasil Memperoleh Program Bantuan Dana Bagi Wirausaha Pemula Tahap XI Tahun 2014

Delapan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya berhasil memperoleh  “Program Bantuan Dana Bagi Wirausaha Pemula Tahap XI Tahun 2014” yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Pemberkasan terakhir dilaksanakan di  Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur (3-4/12/2014).

Dalam program tersebut UNTAG Surabaya yang berhasil mendapatkan  Program Bantuan Dana Bagi Wirausaha Pemula Tahap XI Tahun 2014 adalah 7 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan 1 mahasiswa Fakultas Psikologi.

Adapun nama-nama pemenang dari FISIP adalah Umi Nadhiro dengan usahanya “Sosis Tokek Hijau”, Kusnan dengan usaha “Nasi Goreng Sego Jagung”, Mila Utary P, dengan usaha “Charger Gowes”, Rahmawati Syayidah H, dengan usaha “Pentol Bakal Gunung Merapi”, Endah Novita Sari dengan usaha “Nugget Tajam”, Iga Novika dengan usaha “Kastangel Cabe”, Haris Mukhlas Saputra dengan usaha “Daging Asap Selimut Tahu Berontak,” dan Yuliana dengan usaha “Siomay Supermak” dari Fakultas Psikologi.

Rahmawati, salah satu penerima Dana Wirausaha Pemula mengaku senang sekali dan tidak menyangka bisa memperolehnya.

“UNTAG sudah tahun kedua ini ikut Program Dana Wirausaha Pemula. Tahun 2013 kemarin yang mendapatkan dana hanya 1 anak. Sedangkan Tahun ini 8 mahasiswa berhasil memperolehnya,” kata Rahma

Rahma juga menambahkan “untuk bisa mengikuti program tersebut harus punya sertifikat Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) dulu baru mengajukan proposal usaha pemula. Usaha saya ini, saya beri nama “Pentol Bakal Gunung Merapi” karena berisi keju yang akan meleleh jika di bakar”.

Rahma berpesan bagi mahasiswa yang sudah menerima dana untuk bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa membawa baik UNTAG Surabaya dan bagi yang belum mendapatkanya agar tetap semangat dan tahun depan ayo ikutan mengusulkan Dana Wirausaha Pemula

Dra.Rachmawati Novaria,MM, selaku Kepala Lab. Kewirausahaan FISIP mengatakan, bahwa  Program Bantuan Dana tersebut merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha pemula dari kalangan mahasiswa, sarjana dan kelompok masyarakat lainnya sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan lingkungan, dan memberikan bantuan sosial berupa dukungan dana dalam rangka pengembangan usaha bagi wirausaha pemula. Adapun sasaran dari program tersebut adalah tersalurnya bantuan sosial berupa dukungan dana bagi Wirausaha Pemula, Meningkatkan jumlah Wirausaha Pemula, Wirausaha Pemula mampu melaksanakan usaha dan meningkatkan kesejahteraannya.

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa-mahasiwa yang sudah membawa nama baik UNTAG Surabaya, saya bangga dan bahagia melihat anak-anak bisa memperoleh dana tersebut. Jika tahun kemarin kita hanya dapat satu saja, saya sudah senang apalagi tahun ini 8 anak. Saya hanya bisa memotivasi mereka dan mendampinginya agar mereka bisa memperoleh apa yang diinginkan,” tambah Nova.

Nova berharap mereka bisa mewujudkan, mengembangkannya dan bertanggungjawab, karena nantinya akan berdampak bagi adik kelas. Tahun depan kita mempunyai target 50-100 yang bisa mengajukan proposal. Caranya yaitu mulai sekarang mengkonsep ide-ide usaha yang akan diajukan.



PDF WORD PPT TXT