logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Dekan Berikan Pesan Saat Penggelaran Yudisium Fakultas Psikologi Untag Surabaya, Jaga Marwah Profesi

Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya gelar Rapat Terbuka Senat Fakultas Psikologi dengan acara Penggelaran Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Psikologi Profesi, dan Pengambilan Sumpah Profesi Psikologi pada periode semester gasal tahun akademik 2023/2024. Acara yang dihadiri oleh 157 calon wisudawan ini berlangsung di Auditorium Gedung R. Ing. Soekonjono lantai enam, (22/2).

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Psikologi - Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si., Psikolog dan dilanjut dengan Pembacaan Sumpah dan Janji Psikolog oleh Dr. Andik Matulessy, M.Si, Psikolog selaku ketua umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dr. Amanda dalam sambutannya berpesan kepada calon wisudawan agar kompetensi yang sudah dimiliki oleh mahasiswa dapat dimanfaatkan dan diterapkan di masyarakat serta dapat ditingkatkan kedepannya. “Jangan sampai materi yang dipelajari di kampus, kemudian menjadi momen yang tidak pernah digali lagi, tidak pernah dimanfaatkan dan tidak pernah diaplikasikan dalam kehidupan yang lebih luas. Namun kompetensi yang sudah ada harus diterapkan pada kehidupan nyata di masyarakat, serta ditingkatkan dengan beberapa pelatihan, workshop, atau kegiatan lainnya", ujarnya.

Dr. Amanda juga berharap, para wisudawan Psikologi Profesi untuk memberikan pelayanan psikologis secara profesional dan tidak berorientasi pada materi semata. “Saat sumpah itu terucapkan, maka saat itu para psikolog harus mampu memberikan pelayanan psikologis pada masyarakat luas secara profesional, dan mampu menjaga marwah dari profesinya, tidak lagi termuat oleh keinginan yang hanya berorientasi pada materi semata. Saat seorang psikolog mampu menjaga hal itu maka tentunya mengangkat profesi ini ke tangga kehidupan yang lebih sempurna", terangnya.

Penghargaan diberikan kepada peraih IPK terbaik dari masing-masing jenjang pendidikan, antara lain Sarjana Psikologi - Bethania Novemiadi dengan IPK 3,89; Psikologi Profesi – Ricky Alejandro Martin dengan IPK 3,99; dan Magister Psikologi – Surya Jaya Purnama Putra dengan IPK 3,95.

Listyowati, S.E., M.Psi. menjadi salah satu perwakilan lulusan yang berkesempatan memberikan kesan saat berkuliah di Untag Surabaya, dia mengaku menemukan kehangatan dan kasih sayang dari teman seperjuangannya. “Kuliah bukan hanya membeli situasi untuk belajar, berdiskusi dan mendorong untuk bergerak, kuliah juga bukan perihal nilai dan IPK belaka. Saya merasa kuliah adalah tentang pengalaman dan skill yang didapat, cerita yang dibuat, serta orang orang yg diajak bertukar pendapat, dan di kampus ini saya menemukan kehangatan, kasih sayang, kekeluargaan, dan teamwork yang luar biasa", ungkapnya. (wf/oy/rz)



PDF WORD PPT TXT