logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

An Empowering & Networking University

Detail Berita

Bercerita dalam Klise, Mulai Webinar hingga Lomba Fotografi

Dunia fotografi kian diminati oleh anak muda dan kini menjadi profesi dengan penghasilan yang menjanjikan. Minggu, (30/5) mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar webinar fotografi Bercerita dalam Klise bertema ‘Finding Self Potency with Photoraphy’. Webinar yang merupakan rangkaian mata kuliah MICE (Meeting, Insentive, Conference and Event) ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya - AAI Prihandari Satvikadewi, M.Med.Kom. Tak hanya webinar, rangkaian Bercerita dalam Klise juga menghadirkan lomba fotografi bagi para peserta.

Dalam sambutannya, Vika mengapresiasi para mahasiswa. “Walau dalam suasana pandemi, kita bisa mengadakan kegiatan bermakna bermanfaat. Transsisi luar biasa dalam pandemic, membuat kita lebih kreatif.” Kolaborasi, kata Vika, menjadi hal penting di masa sekarang, “Ke depan Indonesia akan menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan butuh peluang yang kreatif dan padat karya. Kompetisi tidak cukup, namun harus didasari basis kolaborasi. Bersaing untuk memberi peluang.” Dia menambahkan, “Kegiatan ini tidak hanya webinar tapi kompetisi yang membuat peserta bersemangat membuat kegiatan baru. Baiknya lagi bisa menambah portofolio karya.”

Webinar menghadirkan CEO Ilyas Jepret - Mohammad llyas, S.Pd. Dalam materi ‘Build Your Business with Your Passion in Photography’ dia memaparkan, “Kuncinya bukan mencari passion lewat pekerjaan, tapi jalankan apa yang dilakukan saat ini. Nanti akan dilihat apa yang bisa memberikan kepuasan batin. Ketika tidak merasa capek walau kerja sampe malem, itu passion.” Kepada para peserta, Ilyas berpesan agar mencari passion dan mendalaminya, “Prosesnya panjang, gak ada yang instan. Media kita beragam, mulai manfaatkan untuk cari passion. Jangan sampai yang dikerjakan memang apa yang harus kalian kerjakan, bukan karena passion kalian.” Dia pun mengajak para peserta untuk mempelajari dan mendalami bidangnya masing-masing.

Adapun materi ‘Kuasai Fotografi untuk Meningkatkan Citra Diri’ disampaikan oleh Fotografer dan Digital Creator - Dian Rockmad Bayutirto, S.I.Kom. “99% penggunaan handphone untuk medsos. Tantangan zaman now adalah bagaimana bisa stand out karena kalo gak menarik ya dilewatin,” paparnya. Menurut Dian, pandemi meningkatkan jiwa fotografi para anak muda, tanpa kamera pun mereka bisa berkreasi dan membentuk citra diri, “Kita harus mempertanggungjawabkan citra kita karena klien cari ciri khas kita. Ketika bingung memulai, saya menerapkan apa yang disukai. Belajar fotografi bisa dari media apapun. Cukup belajar dari apa yang dipunyai.”

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Bercerita dalam Klise - Dinda Kasfiyah mengatakan, “Kami memilih fotografi karena banyak diminati. Kenapa ‘Bercerita dalam Klise’? Karena melalui fotografi, kita bisa menceritakan keadaan yang sebenarnya dari sebuah gambar yang dipotret.” Meski mengalami kendala karena persiapan webinar yang dilakukan serba daring, dirinya bersyukur karena webinar yang disiapkan selama satu bulan ini digandeng oleh Info Mahasiswa, Info Surabaya dan Soal Event. “Kami juga disponsori oleh Cicil.id, Ilyas Jepret dan Ethimono. Jadi gak heran kalau peserta webinar maupun lomba banyak. Kami berharap acara ini dapat bermanfaat,” tutup Dinda. (um)



PDF WORD PPT TXT