logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

An Empowering & Networking University

Detail Berita

Bahas Manajemen Waktu, MICE Hadirkan 2 Influencer

Manajemen waktu yang baik masih menjadi permasalahan generasi milenial dalam menggali potensi diri dan menjadi produktif. Hal ini dibahas dalam webinar Mytrys bertema ‘Manage Your Time, Reach Your Success’. Webinar yang digelar pada Sabtu, (5/6) ini merupakan rangkaian mata kuliah MICE (Meeting, Insentive, Conference and Event) pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Tak kurang dari 200 mahasiswa hadir secara virtual sebagai peserta. Drs. Widiatmo Ekoputro, MA. Selaku dosen pengampu MICE hadir untuk membuka webinar.

Dalam sambutannya, Widiatmo mengapresiasi para mahasiswa karena mampu menyelenggarakan webinar meski di masa pandemi. “Sebagai pengampu saya berharap, mahasiswa dapat belajar kerjasama. Ini adalah kerja tim, mulai persiapan hingga akhir nanti, semua hasil kerja bersama,” katanya. Dia juga berharap, “Bagi para peserta, harapannya adalah bisa mengambil hikmah dari para narasumber, selain ilmu bermanfaat, tapi juga motivasi tentang arti sebuah waktu untuk kesuksesan.

Maya Nabila tampil sebagai pemateri pertama. Di awal pemaparannya dia menjabarkan beberapa definisi kesuksesan, “Definisi sukses tiap orang berbeda. Banyak yang bilang bahwa definisi sukses menjadi kaya dan punya banyak benda berwujud.” Menurutnya, sebelum memanajemen waktu, setiap mahasiswa perlu menentukan tujuan dari kesuksesan yang ingin dicapai. “Kita juga perlu nih menentukan passion awal ketika masuk perkuliahan, membuat skala prioritas, membuat rencana awal mencapai target,” kata mahasiswi S3 yang berusia 21 tahun ini. Maya menambahkan, “Penting juga untuk membuat daftar prioritas dan deadline, jadi kita tidak terlena dengan hiburan yang ada.”

Tak ketinggalan, influencer Sherly Annavita juga hadir untuk memotivasi para peserta. “Masa depan adalah milik mereka yang mau mempersiapkan hari ini. Tidak peduli laki atau perempuan, latar belakang ekonomi dan pendidikan seperti apa,” tegasnya. Sherly menyebutkan, “Kesempatan datang pada mereka yang melakukan persiapan atau bersiap.” Dalam mempersiapkan diri, lanjutnya, karakter dasar manusia adalah baik, “Ayo kembali ke sadar dasar kita yang baik.” Sherly mengajak para peserta untuk selalu meningkatkan kapasitas diri, “Mari selalu melakukan lebih baik dari sebelumnya, yang terpenting akan terjadi perubahan sekecil apapun.”

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Webinar - Rafi Wira Firmansyah menuturkan bahwa pemilihan tema webinar didasarkan pada permasalahan umum mahasiswa, “Saat ini kita dituntut untuk menjadi mahasiswa yang aktif sehingga tema ini diharapkan bisa memberikan wawasan mengenai cara mengatur waktu.” Dia pun berterima kasih pada segenap sponsor yang telah mendukung webinar, “Rasanya tidak sia-sia persiapan selama kurang lebih dua bulan, walaupun sempat kesulitan dalam mencari narasumber.” Rafi berharap, “Semoga webinar ini bisa menjadikan kita lebih menghargai waktu dan dapat membantu dalam mengatur waktu hingga dapat menjadi mahasiswa yang produktif.” (um)



PDF WORD PPT TXT