logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Artikel

Perpaduan Arsitektur Jawa dan Belanda

Jurusan Teknik Arsitektur di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, mempelajari berbagai perpaduan desain arsitektur bangunan, salah satunya adalah perpaduan dari gaya arsitektur Jawa dan Belanda.

Contoh bangunan yang memiliki perpaduan arsitektur Jawa dan Belanda adalah Pasar Gedhe Hardjanegara di kota Solo. Dahulu kala pada zaman kolonial Belanda, Pasar Gedhe merupakan pasar kecil yang berdiri di atas lahan yang tidak begitu besar. Berlokasi di area strategis, tepatnya di persimpangan kantor gubernur yang sekarang beralih fungsi menjadi Balaikota Surakarta, bangunan Pasar Gedhe dirancang oleh arsitek warga negara Belanda bernama Ir. Thomas Karsten.

Pasar Gedhe terdiri dari dua bangunan yang terpisahkan oleh jalan yang sekarang disebut sebagai Jalan Sudirman. Gaya arsitektur Pasar Gedhe merupakan perpaduan antara gaya Belanda dan gaya Jawa dengan kedua bangunannya terdiri dari dua lantai. Pada tahun 1947, Pasar Gedhe mengalami kerusakan cukup parah karena serangan kolonial Belanda. Kemudian Pemerintah Republik Indonesia merenovasi kembali pada tahun 1949. Namun perbaikan atap baru selesai pada tahun 1981 dengan menggantinya dengan atap dari kayu.

 

Universitas terbaik Surabaya, Universitas swasta terbaik Surabaya. Segala fakultas yang ada di Universitas terbaik Surabaya Universitas 17 Agustus Surabaya memiliki Akreditasi A. Tak sampai disitu, Universitas 17 Agustus Surabaya termasuk Universitas Terbaik 5 Besar di Jawa Timur, dan Universitas terbaik ke 57 di Indonesia. Universitas terbaik Surabaya, UNTAG Surabaya (Universitas terakreditasi A Surabaya) tak hanya mencetak mahasiswa berprestasi, namun juga bertindak santun dan berjiwa Nasionalis.

Untuk informasi lebih detail tentang pendaftaran Universitas 17 Agustus Surabaya, Universitas terbaik Surabaya, hubungi nomor 031-5991770 dan via chat via whatsapp di nomor 08113001716, atau ke email humas@untag-sby.ac.id



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?