logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Artikel

Perbedaan bisnis Indonesia dan Singapura

Indonesia merupakan negeri dengan bentangan laut maha luas dan kaya. Untuk itu, pemerintah diminta lebih serius dalam membenahi dan mengembangkan industri maritim di Indonesia.

Namun, kenyataan selama ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak memanfaatkan peluang ekonomi maritim yang dimilikinya secara maksimal. Dalam mengembangkan industri maritim, semua pihak harus menyadari Indonesia adalah negara kepulauan. Konsep Indonesia Incorporated semestinya bisa diwujudkan demi mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Direktur Indonesia Maritime Institute (IMI) Yulian Paonganan, menyatakan bahwa Indonesia belum bisa disebut sebagai negara maritim. Indonesia masih berstatus negara kepulauan (archipelago). Negara maritim, ia menjelaskan, adalah negara yang mampu menguasai dan mengelola laut dengan segala kekuatannya. Negara maritim tidak harus negara kepulauan.

Singapura bukan kepulauan. Amerika juga bukan kepulauan. Tiongkok pun bukan kepulauan. Tapi karena mereka menguasai laut dan mampu memanfaatkan laut dengan segala keunggulannya baik itu sumber daya manusia (SDM), teknologi, dan lain sebagainya, maka mereka bisa dikategorikan sebagai negara maritim.

Kenapa Singapura disebut negara maritim? Karena, meski negara kecil Singapura mampu memanfaatkan wilayah laut dan posisi strategisnya untuk mengendalikan perdagangan dunia dengan membangun pelabuhan kelas utama. Ini bisa dilihat dari berbagai keunggulan pelabuhan Singapura, antara lain seperti kecanggihan teknologinya dan kualitas pelayanan mereka. Faktor ini yang membuat hampir seluruh kapal yang melintasi Selat Malaka memilih singgah di pelabuhan Singapura.

Patut disesalkan Indonesia tidak membangun kekuatan maritimnya. Belum ada yang bisa dibanggakan oleh Indonesia di bidang maritim. Indonesia belum menjadi negara maritim.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Dunia Bisnis? Daftarlah di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurusan Administrasi Bisnis di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, mempelajari berbagai macam Jenis Bisnis yang sangat menarik untuk dipelajari.

Universitas terbaik Surabaya, Universitas swasta terbaik Surabaya. Segala fakultas yang ada di Universitas terbaik Surabaya Universitas 17 Agustus Surabaya memiliki Akreditasi A. Tak sampai disitu, Universitas 17 Agustus Surabaya termasuk Universitas Terbaik 5 Besar di Jawa Timur, dan Universitas terbaik ke 57 di Indonesia. Universitas terbaik Surabaya, UNTAG Surabaya (Universitas terakreditasi A Surabaya) tak hanya mencetak mahasiswa berprestasi, namun juga bertindak santun dan berjiwa Nasionalis.

Untuk informasi lebih detail tentang pendaftaran Universitas 17 Agustus Surabaya, Universitas terbaik Surabaya, hubungi nomor 031-5991770 dan via chat via whatsapp di nomor 08113001716, atau ke email humas@untag-sby.ac.id



PDF WORD PPT TXT