logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Artikel

Mengenal Aliran-Aliran Psikologi

Psikologi memiliki sejarah perkembangan yag mengungkapkan pendapat para ilmuwan dan ahli tentang ilmu kejiwaan. Keilmuan terus berkembangan dan diperbaharui. Seiring berkembangannya keilmuan tentang kejiwaan, maka bermunculan juga aliran aliran psikologi yang menyertai dan merupakan perkembangan ilmu jiwa ke arah modern. Beberapa aliran muncul dan memperoleh tanggapan pro dan kontra di masanya. Bentuk aliran aliran psikologi antara lain: strukturalisme, fungsionalisme, behaviorisme, dan psikologi psikoanalisis.

Salah satu mata kuliah di Program Studi Psikologi mendalami Aliran-Aliran Psikologi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Berikut penjelasan mengenai aliran aliran psikologi tersebut:

- Strukturalisme

Aliran strukturalisme ini dikemuukakan pertama kali oleh Wilhelm Wundt melalui penelitiannya. Wundt dan rekan rekannya bekerja dan menyelidiki struktur kesadaran dan kemudian mengembangkan hukum hukum pembentuknya. Wundt dan rekannya berpendapat bahwa pengalaman mental yang kompleks itu memiliki struktur yang terdiri dari keadaan mental yang sederhana. Strukturalisme dari Wundt ini memiliki ciri terhadap penekanan analisis atau proses kesadaran dipandang dari elemen elemen dasar dan hukum antar elemen kesadaran. Karena pandangannya ini aliran strukturalisme disebut juga dengan psikologi elementalisme. Selain elemen dasar, kesadaran juga dipandang sebagai elemen utama kejiwaan atau kehidupan mental. Segala sesuatu dalam diri manusia berasal dari kesadaran.

- Fungsionalisme

Aliran fungsionalisme merupakan aliran psikologi yang bersifat dominan pada masanya dan merupakan hal utama yang perlu dipelajari mengenai perkembangan keilmuan psikologi. Pengertian fungsionalisme sendiri yaitu orientasi psikologi yang menekankan pada proses kejiwaan yang sedang dihadapi dan menghargai manfaat psikologi. Selain itu juga mempelajari fungsi kesadaran sebagai jembatan penghubung antara manusia dengan lingkungannya. Aliran fungsonalisme memandang masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Fungsional juga menghubungkan antara pikiran dan perilaku manusia dan mengaitkannya dengan hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

- Behaviorisme

Behaviorisme merupakan lanjutan dari strukturalisme oleh Wundt. Behaviorisme menolak unsur yang dinyatakan dalam fungsional yaitu kesadaran. Behaviorisme menyatakan diri mempelajari tentang perilaku yang nyata. Aliran ini berdasarkan Ivan Pavlov dan William mc Dougall yang teorinya dikenal dengan sebutan insting. Menurut mereka, insting merupakan kecenderungan tingkah atau perilaku dalam situasi tertentu sebagai bawaan lahir yang belum ada dipelajari sebelumnya. Aliran behaviorisme ini merupakan asumsi kejiwaan dan bukannya materi atau objek, sehingga tidak dapat diteliti langsung. Penelitian difokuskan pada tingkah laku dengan asumsi bahwa tingkah laku adalah wujud dari mental atau kejiwaan manusia.

- Psikologi Psikoanalisis

Aliran psikoanalisis merupakan pandangan yang mengaitkan kemajuan di bidang kedokteran. Aliran psikoanalisis ini diungkapkan oleh Sigmun Freud yang merupakan seorang ahli saraf. Sigmun mengungkapkan teori dasarnya tentang alam sadar dan alam bawah sadar.

Alam sadar merupakan apa yang orang sadari sepenuhnya dan merupakan alam nyata, sedangkan alam bawah sadar merupakan kesadaran semu. Hal yang terdapat di alam sadar adalah alam pra sadar yaitu disebut juga kenangan yang ada atau available memory yang mudah dipanggil kembali ke alam sadar. Ingatan ngatan masa lalu yang tidak teringat kembali dengan mudah dapat dipanggil kembali. Menurut freud keduanya dinamakan bagian terkecil dari fikiran manusia. Pada alam bawah sadar, merupakan kondisi dimana sulit untuk dibawa ke alam sadar. Pada alam dibawah sadar terdapat nafsu dan insting. Menurut Freud, kondisi alam bawah sadar merupakan bagian dari dorongan dan munculnya semangat dari dalam diri kita.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Aliran-Aliran Psikologi? Daftarlah di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Kenapa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya?

Karena Universitas terbaik Surabaya, Universitas swasta terbaik Surabaya. Segala fakultas yang ada di Universitas terbaik Surabaya Universitas 17 Agustus Surabaya memiliki Akreditasi A. Tak sampai disitu, Universitas 17 Agustus Surabaya termasuk Universitas Terbaik 5 Besar di Jawa Timur, dan Universitas terbaik ke 57 di Indonesia. Universitas terbaik Surabaya, UNTAG Surabaya (Universitas terakreditasi A Surabaya) tak hanya mencetak mahasiswa berprestasi, namun juga bertindak santun dan berjiwa Nasionalis.

Untuk informasi lebih detail tentang pendaftaran Universitas 17 Agustus Surabaya, Universitas terbaik Surabaya, hubungi nomor 031-5991770 dan via chat via whatsapp di nomor 08113001716, atau ke email humas@untag-sby.ac.id.



PDF WORD PPT TXT