Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

LSP Merah Putih

Layanan UJI KOMPETENSI

Layanan lain kepada mahasiswa diberikan oleh Untag Surabaya dengan melakukan uji kompetensi kepada mahasiswa dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang mampu bersaing di era globalisasi. Oleh karena itu sesuai dengan UU No 13 Tahun 2003 dan PP No 23 Tahun 2004 Rektor Untag Surabaya menerbitkan Surat Keputusan sebagai pedoman pelaksanaan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Untag Surabaya.

1)    Pedoman Pelaksanaan

Sebagai pedoman pelaksanaan terhadap pembentukan dan pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi Rektor Untag Surabaya menerbitkan Surat Keputusan Rektor No. 036-A/SK/R/II/2016 tentang Pembentukan Panitia Kerja Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) dan Mengeluarkan Surat Keputusan Rektor No. 062/SK/R/II/2016 tentang Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) Untag Surabaya dengan Ketua Dr. Sumiati, MM. Surat Keputusan ini selanjutnya menjadi landasan panitia kerja untuk melaksanakan pemenuhan terhadap persyaratan berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi diantaranya adalah perancangan terhadap skema uji, pemenuhan jumlah asesor uji, pendirian Tempat Uji Kompetensi (TUK), dan penyiapan kantor Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Untag Surabaya.

 

2). Implementasi  Kebijakan 

  • Pelatihan Assesor Uji Kompetensi

Pemenuhan terhadap persyaratan pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) haruslah memiliki sejumlah assessor yang diperyaratkan sebagaimana ketentuan/pedoman yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) harus memiliki sekurang-kurangnya 26 orang assessor yang kompetensinya diakui oleh BNSP. Oleh karena itu pada tanggal 2-6 Maret 2016 dilaksanakan pelatihan serta uji kompetensi assessor yang diikuti para dosen perwakilan masing-masing fakultas oleh master asesor BNSP. Pada tanggal 9-11 mei 2016 Untag Surabaya mengadakan kembali uji terhadap calon assessor sebanyak 26 orang. Upaya ini selain sebagai pemenuhan kebutuhan assessor  akan jumlah mahasiswa yang semakin bertambah sekaligus sebagai bentuk peningkatan kualitas dosen. Saat ini Untag Surabaya telah memiliki 52 assesor kompetensi yang tersebar pada 6 fakultas.

 

  • Perancangan Skema Uji

Skema sertifikasi profesi merupakan persyaratan sertifikasi spesifik yang berkaitan dengan kategori profesi sesuai dengan Standart Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI). Tim skema yang telah dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 036-A/SK/R/II/2016 tentang Pembentukan Panitia Kerja Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) menyusun tiga skema yaitu skema perencanaan usaha, skema pengelolaan usaha dan skema pengendalian usaha. Ketiga skema ini terdiri dari 20 unit kompetensi yang berasal dari SKKNI. Ketiga skema tersebut akan diujikan pada semester ke 3, 5 dan 7 untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan sertifikasi bidang kewirausahaan mandiri.

 

3). Pelaksanaan Uji Kompetensi

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi No. Kep.0593/BNSP/V/2016 tentang Lisensi Kepada Lembaga Sertifikasi Profesi menetapkan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi Untag Surabaya sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan. Melalui Surat Keputusan tersebut maka LSP P-1 Untag Surabaya telah dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi dengan ruang lingkup lisensi berupa tiga skema yang meliputi a) Skema Sertifikasi Klaster Perencanaan, b) Skema Sertifikasi Klaster Pengelolaan Proses Usaha dan c) Skema Sertifikasi Klaster Pengendalian Usaha.

Pelaksanaan uji kompetensi yang dilakukan mandiri oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP P-1) Untag Surabaya terhadap mahasiswa dilakukan pada 11  Agustus 2016 dengan diikuti oleh 9 mahasiswa dari fakultas ekonomi. Adapun nama-nama mahasiswa yang mengikuti uji kompetensi tahap pertama adalah sebagaimana yang terlampir dalam table berikut.