• KERJASAMA

      Kerjasama yang pernah dijalin dan karya kerjasama

    • HASIL KARYA

      Kumpulan karya mahasiswa & dosen menarik versi mass media

    • PRESTASI

      Capaian prestasi lembaga, mahasiswa, dosen dan karyawan

Deteksi Plat Nomor Otomatis Tanpa Operator

Perkembangan teknologi mengubah segala sesuatu menjadi serba digital dan otomatis. Ini juga dapat ditemui pada karya yang baru saja berhasil dirancang Harry Budianto, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Karya barunya itu dinamai License Plate Detection (LPD), artinya alat pendeteksi plat nomor kendaraan. Alat ini berfungsi untuk sistem keamanan parkir yang otomatis tanpa operator atau tenaga manusia.

Alat pendeteksi ini merupakan sistem keamanan yang menggunakan bahasa pemrograman java.berupa aplikasi java. Selain itu juga dilengkapi dengan beberapa hard ware seperti kamera CCTV dan komputer yang berfungsi sebagai perekam data. "Saya terinsipirasi dari hasil penelitian dosen pembimbing saya, yang menciptakan program serupa dengan menggunakan kamera foto. Lalu saya kembangkan lagi dengan menggunakan kamera video. Dengan video, alat ini memiliki kecepatan dan ketepatan yang lebih baik," tutur Harry, Senin (4/3).

Kecepatan yang mampu dihasilkan saat perekaman data, mencapai 24 kali lipat. Artinya, 1 detik kamera merekam gambar, itu sebanding dengan 24 kali kamera memotret objek. Dengan demikian, objek atau plat nomor yang dideteksi akan lebih akurat dengan menggunakan kamera.

"Jika selama ini, sistem keamanan parkir yang menggunakan perekaman data masih harus menggunakan tenaga manusia. Dengan alat ini tidak perlu lagi. Sebab, kendaraan yang masuk dan keluar secara otomatis akan terdeteksi melalui kamera video yang terpasang permanen," tutur dia.

Pembuatan LPD ini, ungkap Harry memakan waktu selama kurang lebih tiga sampai empat bulan. Harry mengaku, membuat software ini bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab, ia harus mengumpulkan ribuan sampel plat nomor sepeda motor, untuk menguji keberhasilan software tersebut.

"Yang paling susah adalah menguji software ini sendiri. Saya harus mengumpulkan foto 2800 plat sepeda motor dari berbagai tempat, dengan menggunakan kamera handphone. Itu memakan waktu dan sangat melelahkan," tandas mahasiswa kelahiran 6 November 1991 ini.

Lebih lanjut Harry mengungkapkan, jika sistem ini benar-benar akan diimplementasikan secara profesional akan lebih baik. Namun demikian, perangkat keamanan harus dilakukakan penambahan. Misalnya penambahan plang parkir untuk keluar masuk kendaraan.

Selain itu, pendeteksian juga harus dilakukan pada dua obyek, yaitu plat nomor dan wajah pemilik kendaraan. Dengan demikian, parkir kendaraan tidak akan membutuhkan karcis atau tanda pengenal apapun. Hasilnya pun lebih akurat karena yang mengerjakan seluruhnya serba mesin. "Untuk sementara ini adalah hasil yang sangat dasar. Sudah pernah diimplementasikan di parkir kampus. Tapi untuk lebih profesional masih harus ditambah beberapa alat lainnya," ungkap dia.

Di luar negeri, dia mengaku sistem ini tidak hanya diaplikasikan untuk pengamanan parkir. Melainkan juga telah digunakan untuk membuka gerbang pintu tol. Sehingga tol tidak perlu lagi menggunakan operator penjaga. Karena kendaraan yang lewat telah terekam data plat nomornya, dan pajak akan ditagihkan langsung kepada pemilik kendaraan.

Teks Foto : Hery pamerkan karyanya berupa aplikasi pendeteksi plat nomor otomatis

Sumber : Harian Bhirawa, hal.3, Selasa 5 Maret 2013

Untagtual

Dua Mahasiswa Harumkan Nama Untag Surabaya
30 Sep 2014 10Dua Mahasiswa Harumkan Nama Untag Surabaya

Nama Deby Kastika D. dan Amri Rusdiana mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namun, dua nama tersebut nampaknya sudah tidak asing di dunia pencak silat nasional. Dua orang yang merupakan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya itu kembali menorehkan hasil positif. Dalam Kejuaraan Nasional Ikatan Pencak Silat Indonesia  ( [ ... ]

Selengkapnya
Party-Nya Para Mahasiswa Kritis Untag Surabaya
30 Sep 2014 09Party-Nya Para Mahasiswa Kritis Untag Surabaya

Welcome Party ternyata tidak selalu memiliki kesan hura-hura. Seperti inilah cara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Diskusi Penalaran dan Penerbitan Kampus (Fordimapelar) dalam menyambut anggota barunya. Selain berdiskusi dan sharing pengalaman antar anggota maupun alumni yang hadir, adu argumen dan perdebatan kecil pun tidak dapat terelakkan l [ ... ]

Selengkapnya
Rapelling
30 Sep 2014 09Rapelling

    Ada hal yang menarik terlihat di Gedung Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Terlihat beberapa orang turun menggunakan tali secara bergantian. Mereka berusaha untuk mencapai lantai dasar gedung itu dengan hati-hati. Itulah Rappeling, salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UKM Pataga Untag Surabaya. Kegiatan yan [ ... ]

Selengkapnya

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  Fasilitas pembelian formulir pendaftaran mahasiswa baru online

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Doktor (S3)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Magister (S2)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Sarjana (S1)

University Partners