• KERJASAMA

      Kerjasama yang pernah dijalin dan karya kerjasama

    • HASIL KARYA

      Kumpulan karya mahasiswa & dosen menarik versi mass media

    • PRESTASI

      Capaian prestasi lembaga, mahasiswa, dosen dan karyawan

Deteksi Plat Nomor Otomatis Tanpa Operator

  • Published: Thursday, 19 December 2013 09:42
  • Written by Admin
  • Hits: 295

Perkembangan teknologi mengubah segala sesuatu menjadi serba digital dan otomatis. Ini juga dapat ditemui pada karya yang baru saja berhasil dirancang Harry Budianto, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Karya barunya itu dinamai License Plate Detection (LPD), artinya alat pendeteksi plat nomor kendaraan. Alat ini berfungsi untuk sistem keamanan parkir yang otomatis tanpa operator atau tenaga manusia.

Alat pendeteksi ini merupakan sistem keamanan yang menggunakan bahasa pemrograman java.berupa aplikasi java. Selain itu juga dilengkapi dengan beberapa hard ware seperti kamera CCTV dan komputer yang berfungsi sebagai perekam data. "Saya terinsipirasi dari hasil penelitian dosen pembimbing saya, yang menciptakan program serupa dengan menggunakan kamera foto. Lalu saya kembangkan lagi dengan menggunakan kamera video. Dengan video, alat ini memiliki kecepatan dan ketepatan yang lebih baik," tutur Harry, Senin (4/3).

Kecepatan yang mampu dihasilkan saat perekaman data, mencapai 24 kali lipat. Artinya, 1 detik kamera merekam gambar, itu sebanding dengan 24 kali kamera memotret objek. Dengan demikian, objek atau plat nomor yang dideteksi akan lebih akurat dengan menggunakan kamera.

"Jika selama ini, sistem keamanan parkir yang menggunakan perekaman data masih harus menggunakan tenaga manusia. Dengan alat ini tidak perlu lagi. Sebab, kendaraan yang masuk dan keluar secara otomatis akan terdeteksi melalui kamera video yang terpasang permanen," tutur dia.

Pembuatan LPD ini, ungkap Harry memakan waktu selama kurang lebih tiga sampai empat bulan. Harry mengaku, membuat software ini bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab, ia harus mengumpulkan ribuan sampel plat nomor sepeda motor, untuk menguji keberhasilan software tersebut.

"Yang paling susah adalah menguji software ini sendiri. Saya harus mengumpulkan foto 2800 plat sepeda motor dari berbagai tempat, dengan menggunakan kamera handphone. Itu memakan waktu dan sangat melelahkan," tandas mahasiswa kelahiran 6 November 1991 ini.

Lebih lanjut Harry mengungkapkan, jika sistem ini benar-benar akan diimplementasikan secara profesional akan lebih baik. Namun demikian, perangkat keamanan harus dilakukakan penambahan. Misalnya penambahan plang parkir untuk keluar masuk kendaraan.

Selain itu, pendeteksian juga harus dilakukan pada dua obyek, yaitu plat nomor dan wajah pemilik kendaraan. Dengan demikian, parkir kendaraan tidak akan membutuhkan karcis atau tanda pengenal apapun. Hasilnya pun lebih akurat karena yang mengerjakan seluruhnya serba mesin. "Untuk sementara ini adalah hasil yang sangat dasar. Sudah pernah diimplementasikan di parkir kampus. Tapi untuk lebih profesional masih harus ditambah beberapa alat lainnya," ungkap dia.

Di luar negeri, dia mengaku sistem ini tidak hanya diaplikasikan untuk pengamanan parkir. Melainkan juga telah digunakan untuk membuka gerbang pintu tol. Sehingga tol tidak perlu lagi menggunakan operator penjaga. Karena kendaraan yang lewat telah terekam data plat nomornya, dan pajak akan ditagihkan langsung kepada pemilik kendaraan.

Teks Foto : Hery pamerkan karyanya berupa aplikasi pendeteksi plat nomor otomatis

Sumber : Harian Bhirawa, hal.3, Selasa 5 Maret 2013

Untagtual

Atensi dan Empati untuk Rani
20 Dec 2014 08Atensi dan Empati untuk Rani

Tragedi penyanderaan yang menimpa Zahriani Putri Agustin, siswi SDN Tlogo Patut 2 Gresik beberapa hari yang lalu tidak hanya mendatangkan simpati dari kalangan lembaga swadaya masyarakat (LSM) saja tapi juga dari kalangan akademisi.  Sebagai wujud atensi sekaligus empati atas kejadian yang menjadi headline di beberapa harian surat kabar, Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya secara langsung mengunjungi kediaman Rani di Gresik. Dalam kunjungannya, Fakultas Hukum Untag Surabaya  [ ... ]

Selengkapnya
Investasi Bukan Judi
19 Dec 2014 08Investasi Bukan Judi

Saat ini, lulusan perguruan tinggi bukan lagi diukur berapa besar IPK nya melainkan kompetensi, talenta, dan skill. Pasar modal adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan instrumen keuangan yang berhubungan langsung dengan pelaku saham atau investor. Pasar modal merupakan sarana pendanaan usaha bagi lembaga atau bagaimana perusahaan untuk mendapatkan dana dari investor guna mengembangkan usaha. Pemahaman mengenai investasi pasar modal inilah yang dikupas tuntas dalam Kuliah Umum [ ... ]

Selengkapnya
Bupati Tana Tidung Raih Gelar Doktor di Untag Surabaya
19 Dec 2014 08Bupati Tana Tidung Raih Gelar Doktor di Untag Surabaya

Secara sosiologis, politis, dan yuridis, pembentukan Kabupaten Tana Tidung telah mencerminkan sikap aspirasi masyarakat, yang tercermin di dalam presidium daerah pembentukan Kabupaten Tana Tidung yang dideklarasikan oleh masyarakat rumpun Tidung melalui perwakilannya pada 23 Nopember 2002. Disamping itu, juga telah memperoleh dukungan dari DPRD dan DPR RI, serta telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Dalam disertasinya, Undunsyah menyebutkan bahwa dasar pemekaran wilayah Prov [ ... ]

Selengkapnya
Sempat Dicibir, Kini Jabat Kepala Kantor Kemenag Tuban
19 Dec 2014 08Sempat Dicibir, Kini Jabat Kepala Kantor Kemenag Tuban

Beberapa lelaki berpakaian Korpri dan peci hitam terlihat masuk ke Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban. Salah satunya tampak seperti pejabat, sementara yang lain mendampingi hingga kursi di atas panggung. Rupanya lelaki inilah yang akan membuka Campus Fair MAN Tuban, Rabu(17/12) yang kami hadiri. Pembawa acara memperkenalkan beliau sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Tuban. Nama lelaki itu adalah Abdul Wahid, MPdI. Dengan ramah beliau menyambut kami para wakil perguruan tinggi yang h [ ... ]

Selengkapnya
Ketelatenan Berbuah Juara
18 Dec 2014 10Ketelatenan Berbuah Juara

Program Campus Social Responsibility 2014 Indahwati tak bisa menyembunyikan perasaan gembiranya ketika namanya disebut sebagai juara 3 kategori Pendampingan Superaktif program Campus Social Responsibility dalam Gelar Puncak penganugerahan “Social Enterprenuership Award Tahun 2014“ di Balai Kota Surabaya (16/12) yang dihadiri langsung oleh Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT, serta Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo. Bersama teman-temannya mahasiswi Fakultas Psikologi Untag  [ ... ]

Selengkapnya

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  Fasilitas pembelian formulir pendaftaran mahasiswa baru online 

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Doktor (S3)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Magister (S2)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Sarjana (S1)

University Partners