• KERJASAMA

      Kerjasama yang pernah dijalin dan karya kerjasama

    • HASIL KARYA

      Kumpulan karya mahasiswa & dosen menarik versi mass media

    • PRESTASI

      Capaian prestasi lembaga, mahasiswa, dosen dan karyawan

Siswa Jurusan IPA Mendominasi

  • Published: Thursday, 19 December 2013 09:36
  • Written by Admin
  • Hits: 565

Try Out Serentak Taruna Merah Putih

 

SURABAYA, SURYA – Siswa SMA kelas XII jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) mendominasi try out Ujian Nasional (Unas) yang digelar DPD Taruna Merah Putih Jatim di Gedung Graha Widya, Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Hal ini disampaikan ketua panitia try out Surabaya, Muharrom, Minggu (3/3).

“Di Untag pesertanya 250. Peserta dari jurusan IPA yang paling dominan. Sedangkan dari jurusan IPS hanya beberapa”, kata Muharrom.

Lebih lanjut, Muharrom menjelaskan mayoritas peserta try out di Untag adalah siswa SMA di kawasan sekitar kampus itu, seperti SMA Negeri 6, 15, 9, dan sekitarnya.

“Kalau seluruh Surabaya pesertanya 2.000 orang”, tandasnya. Nanti, bagi peserta try out di Surabaya yang nilainya tertinggi untuk IPA dan IPS mendapat hadiah ponsel.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 itu, kemarin secara seremonial dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH. Hadir pada kesempatan itu Ketua Peringatan HUT PDIP ke-40 Ali Mudji dan Tri Didik Adianto dari DPD Taruna Merah Putih PDIP.

Selain di Surabaya, try out ini juga digelar serentak di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Total ada sekitar 40.000-an peserta seluruh Jatim”, kata Muharrom.

Menurut Tri Didik kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pendidikan bagi siswa-siswi yang akan menghadapi Unas.

“Kegiatan semacam ini bukan hanya sampai disini saja. Kami akan terus evaluasi untuk mengadakan try out lagi, khususnya nanti pada saat mendekati Unas. Terutama daerah Surabaya”, jelas Tri.

Sementara itu, Bambang DH mengungkapkan bahwa tingkat kesulitan soal Unas pada tahun ini meningkat dibangdingkan tahun lalu. “Tahun ini tingkat kesulitan soal Unas meningkat dari 10 persen menjadi 30 persen”, ungkap Bambang DH.

Maksudnya, lanjut Bambang DH, tingkat kesulitan soal Unas tahun ini 30 persen masuk kategori sulit, 60 persennya sedang, dan 10 persennya mudah.

Sementara itu di Sidoarjo try out digelar di SMA Antartika Siwalanpanji. Latihan Unas itu diikuti ribuan siswa dari 10 SMA. Diantaranya adalah SMA Antartika, MAN 1 Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Cendekia, SMA PGRI 1, SMA PGRI 2, SMAN I Taman, SMAN I Wonoayu, SMAN I Porong, dan SMAN I Krembung.

Mengenai mata pelajaran yang diujikan, untuk IPA meliputi pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan IPS terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, ekonomi, sosiologi, dan geografi.

“Untuk soal-soal ini kami bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) HRM Indonesia”, kata Dr. Marheany. Djumadi, panitia try out serentak, yang juga Ketua Bidang Ideologi dan Strategi Politik, Taruna Merah Putih Jatim.

Marhaeny memastikan hasil try out juga akan diumumkan di Harian Surya. Di pengumuman ini akan terlihat peserta mana yang lulus dan mana yang tidak. Hal ini penting untuk evaluasi siswa menyongsong Unas sesungguhnya 15 April 2013.

Hasil ini juga akan diberikan ke Dinas Pendidikan kota/kabupaten setempat sebagai bahan pemetaan.

Teks Foto : SERENTAK - Wakil Walikota Bambang DH didampingi Ketua Try Out Wilayah Surabaya, Muharrom, mengamati peserta yang mengikuti try out di Gedung Untag Surabaya, Minggu (13/3). Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Sumber : Harian Surya, hal. 15, 4 Maret 2013

Untagtual

Berbagi Kasih, Bukan Tuntutan Kekasih
24 Feb 2015 10Berbagi Kasih, Bukan Tuntutan Kekasih

Banyak yang masih beranggapan bahwa ketika berbicara mengenai seks berarti membahas hubungan seks apalagi ketika hal tersebut dibahas bersama siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada awalnya, siswa yang terdiri dari kelas VII dan VIII SMP Panca Jaya Surabaya tersebut hanya tertawa ketika diberikan penjelasan materi mengenai masa remaja dan pengetahuan seks. Namun pada akhirnya siswa yang berkumpul di aula SMP yang terletak di kawasan Dukuh Kupang tersebut mulai memahaminya. “Inilah tujuan [ ... ]

Selengkapnya
SiJase, Sirup Jagung Ala Mahasiswa Untag Surabaya
24 Feb 2015 10SiJase, Sirup Jagung Ala Mahasiswa Untag Surabaya

Pengesahan Undang-Undang No.  6  tahun 2014 atau yang lebih dikenal dengan Undang-Undang Desa menunjukkan bahwa desa akan menjadi titik sentral pembangunan di Indonesia oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan kewenangan dan anggaran desa akan ditambah. Penambahan kewenangan dan anggaran desa tentunya tersebut harus diikuti pula dengan peningkatan kapasitas pengelolaan program dan anggaran. Perkembangan perekonomian desa melalui wirausaha yang berdasarkan pada penjelasan Pasal 15 dalam UU [ ... ]

Selengkapnya
Lagi, Mahasiswi Thailand Magang di Untag Surabaya
24 Feb 2015 09Lagi, Mahasiswi Thailand Magang di Untag Surabaya

Keberhasilan dua orang mahasiswi dari Khon Kaen University (KKU) Thailand, Songtewa Sangkrai (Ray) dan Tanaporn Narapon (Fong) yang telah melakukan praktik kerja (magang) selama empat bulan di Untag Surabaya tampaknya akan disusul oleh tiga orang rekan mereka. Menurut jadwal, ketiga mahasiswi dari Department of Environtmental Science, Faculty of Engineering, Khon Kaen University Thailand tersebut akan mengikuti Student Interenship Program selama empat bulan di Untag Surabaya. Khuncali Uttakut [ ... ]

Selengkapnya
Libas 60km Dalam 12 Jam
24 Feb 2015 09Libas 60km Dalam 12 Jam

Faktor keindahan alam pegunungan yang membentang di kawasan Sentul, Bogor menjadikan magnet tersendiri bagi siapapun yang datang ke daerah ini tak terkecuali seluruh peserta Sentul Ultra Marathon (SUM) 2015 (7/2). Para peserta mengaku merasakan pengalaman spektakuler dengan berlari menyusuri alam di kawasan Sentul.  Kegiatan yang memilih lokasi The Sentul Highlands: Hunter Hut, Pancar Hot Spring, dan perkebunan kopi tersebut akan menuntut kemampuan peserta untuk menaklukkan rute sejauh 60 KM [ ... ]

Selengkapnya
Kembangkan Potensi Desa Melalui KKN
13 Feb 2015 07Kembangkan Potensi Desa Melalui KKN

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata - Program Pemberdayaan Masyarakat Tepat Guna (KKN-TTG) UNTAG Surabaya saat ini memiliki perspektif baru dengan menempatkan mahasiswa sebagai insan yang bertanggungjawab dan memiliki kepercayaan dalam mengelola program pemberdayaan. Dengan menerjunkan 322 mahasiswa peserta KKN pada tahun ini, diharapkan dapat menjalankan tugas di masyarakat dan lebih siap menjadi pemimpin Indonesia di masa depan yang memiliki kepekaan terhadap semua fenomena yang ada di masyarakat [ ... ]

Selengkapnya

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  Fasilitas pembelian formulir pendaftaran mahasiswa baru online 

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Doktor (S3)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Magister (S2)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Sarjana (S1)

University Partners