• KERJASAMA

      Kerjasama yang pernah dijalin dan karya kerjasama

    • HASIL KARYA

      Kumpulan karya mahasiswa & dosen menarik versi mass media

    • PRESTASI

      Capaian prestasi lembaga, mahasiswa, dosen dan karyawan

Siswa Jurusan IPA Mendominasi

  • Published: Thursday, 19 December 2013 09:36
  • Written by Admin
  • Hits: 597

Try Out Serentak Taruna Merah Putih

 

SURABAYA, SURYA – Siswa SMA kelas XII jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) mendominasi try out Ujian Nasional (Unas) yang digelar DPD Taruna Merah Putih Jatim di Gedung Graha Widya, Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Hal ini disampaikan ketua panitia try out Surabaya, Muharrom, Minggu (3/3).

“Di Untag pesertanya 250. Peserta dari jurusan IPA yang paling dominan. Sedangkan dari jurusan IPS hanya beberapa”, kata Muharrom.

Lebih lanjut, Muharrom menjelaskan mayoritas peserta try out di Untag adalah siswa SMA di kawasan sekitar kampus itu, seperti SMA Negeri 6, 15, 9, dan sekitarnya.

“Kalau seluruh Surabaya pesertanya 2.000 orang”, tandasnya. Nanti, bagi peserta try out di Surabaya yang nilainya tertinggi untuk IPA dan IPS mendapat hadiah ponsel.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 itu, kemarin secara seremonial dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH. Hadir pada kesempatan itu Ketua Peringatan HUT PDIP ke-40 Ali Mudji dan Tri Didik Adianto dari DPD Taruna Merah Putih PDIP.

Selain di Surabaya, try out ini juga digelar serentak di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Total ada sekitar 40.000-an peserta seluruh Jatim”, kata Muharrom.

Menurut Tri Didik kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pendidikan bagi siswa-siswi yang akan menghadapi Unas.

“Kegiatan semacam ini bukan hanya sampai disini saja. Kami akan terus evaluasi untuk mengadakan try out lagi, khususnya nanti pada saat mendekati Unas. Terutama daerah Surabaya”, jelas Tri.

Sementara itu, Bambang DH mengungkapkan bahwa tingkat kesulitan soal Unas pada tahun ini meningkat dibangdingkan tahun lalu. “Tahun ini tingkat kesulitan soal Unas meningkat dari 10 persen menjadi 30 persen”, ungkap Bambang DH.

Maksudnya, lanjut Bambang DH, tingkat kesulitan soal Unas tahun ini 30 persen masuk kategori sulit, 60 persennya sedang, dan 10 persennya mudah.

Sementara itu di Sidoarjo try out digelar di SMA Antartika Siwalanpanji. Latihan Unas itu diikuti ribuan siswa dari 10 SMA. Diantaranya adalah SMA Antartika, MAN 1 Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Cendekia, SMA PGRI 1, SMA PGRI 2, SMAN I Taman, SMAN I Wonoayu, SMAN I Porong, dan SMAN I Krembung.

Mengenai mata pelajaran yang diujikan, untuk IPA meliputi pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan IPS terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, ekonomi, sosiologi, dan geografi.

“Untuk soal-soal ini kami bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) HRM Indonesia”, kata Dr. Marheany. Djumadi, panitia try out serentak, yang juga Ketua Bidang Ideologi dan Strategi Politik, Taruna Merah Putih Jatim.

Marhaeny memastikan hasil try out juga akan diumumkan di Harian Surya. Di pengumuman ini akan terlihat peserta mana yang lulus dan mana yang tidak. Hal ini penting untuk evaluasi siswa menyongsong Unas sesungguhnya 15 April 2013.

Hasil ini juga akan diberikan ke Dinas Pendidikan kota/kabupaten setempat sebagai bahan pemetaan.

Teks Foto : SERENTAK - Wakil Walikota Bambang DH didampingi Ketua Try Out Wilayah Surabaya, Muharrom, mengamati peserta yang mengikuti try out di Gedung Untag Surabaya, Minggu (13/3). Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Sumber : Harian Surya, hal. 15, 4 Maret 2013

Untagtual

UPKP Untag Surabaya Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMKN 8 Surabaya
24 Mar 2015 12UPKP Untag Surabaya Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMKN 8 Surabaya

Kemauan untuk belajar pasti dimiliki oleh setiap anak, tak terkecuali oleh anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Secara fisik mereka tidak berbeda dengan anak normal lainnya, namun kekurangan dalam proses berfikir merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang ada disekitarnya. Sebagai pendamping baik itu orang tua, guru, maupun teman diharapkan mampu untuk memahami kondisi ABK tersebut. Sama seperti halnya dengan sepuluh siswa berkebutuhan khusus di SMKN 8 Surabaya. Mereka yang  [ ... ]

Selengkapnya
Kembangkan Wilayah, Pemkab Pacitan Gandeng Untag Surabaya
23 Mar 2015 08Kembangkan Wilayah, Pemkab Pacitan Gandeng Untag Surabaya

Untagtual - Untag Surabaya terus mengepakkan sayapnya dalam melakukan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Setelah sebelumnya sukses dengan program-programnya di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, kini giliran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mengiginkan Untag Surabaya untuk turut serta membantu memberdayakan masyarakatnya. Bukan tanpa alasan Pemkab Pacitan menjatuhkan pilihannya pada Untag Surabaya,lima kegiatan Iptek Bagi Masyarakat (IbM) yang telah dilaks [ ... ]

Selengkapnya
Kembangkan Bakat, Berbuah Prestasi
16 Mar 2015 15Kembangkan Bakat, Berbuah Prestasi

Tertarik Dunia Tari Sejak Kecil Beberapa penghargaan di bidang tari yang telah dimiliki oleh Safrizal Roji Tuasikal tidak membuat mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Untag Surabaya ini berpuas diri. Hal tersebut justru menjadikan mahasiswa asal Mojokerto ini semakin bersemangat dan terus berusaha mendalami berbagai jenis tarian yang ada di nusantara.  Ketertarikan akan dunia tari dan ketekunan yang dimiliki oleh Rizal (sapaan akrab Safrizal) merupakan faktor pendorong yang sangat kuat baginya u [ ... ]

Selengkapnya
Aktif di Dunia Perempuan, Mengantarkan Dosen Hukum Untag Surabaya Ke Australia
16 Mar 2015 13Aktif di Dunia Perempuan, Mengantarkan Dosen Hukum Untag Surabaya Ke Australia

Aktif di dunia akedemisi dan aktif dalam pendampingan di Koalisi Perempuan Indonesia Jawa Timur berhasil mengantarkan Wiwik Afifah, S.Pi., MH. , meraih prestasi di berbagai bidang. Hal ini menjadikan motivasi tersendiri bagi Wiwik untuk terus melakukan pendekatan terhadap masyarakat dalam memberikan pemahaman mengenai advokasi, kebijakan pemerintah dalam masyarakat, serta peran perempuan dalam politik. Dari kelompok kecil inilah salah satu dosen di Fakultas Hukum Untag Surabaya tersebut menda [ ... ]

Selengkapnya
Menpora Hadiri Wisuda Untag Surabaya
16 Mar 2015 13Menpora Hadiri Wisuda Untag Surabaya

Raut kegembiraan terpancar dari wajah Deni Gunawan setelah namanya disebutkan sebagai salah satu peraih IPK tertinggi dan lulusan terbaik oleh Wakil Rektor I Untag Surabaya, Dr. Andik Matulessy, M. Si, pada Rapat Terbuka Senat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Upacara Wisuda Sarjana, Magister, dan Doktor yang diselenggarakan pada Sabtu (14/3) lalu.  “Senang sekali rasanya, saya sangat bersyukur atas apa yang saya capai,” ujar mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Untag Surabaya tersebut. P [ ... ]

Selengkapnya

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  Fasilitas pembelian formulir pendaftaran mahasiswa baru online 

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Doktor (S3)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Magister (S2)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Sarjana (S1)

University Partners