• KERJASAMA

      Kerjasama yang pernah dijalin dan karya kerjasama

    • HASIL KARYA

      Kumpulan karya mahasiswa & dosen menarik versi mass media

    • PRESTASI

      Capaian prestasi lembaga, mahasiswa, dosen dan karyawan

Siswa Jurusan IPA Mendominasi

  • Published: Thursday, 19 December 2013 09:36
  • Written by Admin
  • Hits: 474

Try Out Serentak Taruna Merah Putih

 

SURABAYA, SURYA – Siswa SMA kelas XII jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) mendominasi try out Ujian Nasional (Unas) yang digelar DPD Taruna Merah Putih Jatim di Gedung Graha Widya, Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Hal ini disampaikan ketua panitia try out Surabaya, Muharrom, Minggu (3/3).

“Di Untag pesertanya 250. Peserta dari jurusan IPA yang paling dominan. Sedangkan dari jurusan IPS hanya beberapa”, kata Muharrom.

Lebih lanjut, Muharrom menjelaskan mayoritas peserta try out di Untag adalah siswa SMA di kawasan sekitar kampus itu, seperti SMA Negeri 6, 15, 9, dan sekitarnya.

“Kalau seluruh Surabaya pesertanya 2.000 orang”, tandasnya. Nanti, bagi peserta try out di Surabaya yang nilainya tertinggi untuk IPA dan IPS mendapat hadiah ponsel.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 itu, kemarin secara seremonial dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH. Hadir pada kesempatan itu Ketua Peringatan HUT PDIP ke-40 Ali Mudji dan Tri Didik Adianto dari DPD Taruna Merah Putih PDIP.

Selain di Surabaya, try out ini juga digelar serentak di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Total ada sekitar 40.000-an peserta seluruh Jatim”, kata Muharrom.

Menurut Tri Didik kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pendidikan bagi siswa-siswi yang akan menghadapi Unas.

“Kegiatan semacam ini bukan hanya sampai disini saja. Kami akan terus evaluasi untuk mengadakan try out lagi, khususnya nanti pada saat mendekati Unas. Terutama daerah Surabaya”, jelas Tri.

Sementara itu, Bambang DH mengungkapkan bahwa tingkat kesulitan soal Unas pada tahun ini meningkat dibangdingkan tahun lalu. “Tahun ini tingkat kesulitan soal Unas meningkat dari 10 persen menjadi 30 persen”, ungkap Bambang DH.

Maksudnya, lanjut Bambang DH, tingkat kesulitan soal Unas tahun ini 30 persen masuk kategori sulit, 60 persennya sedang, dan 10 persennya mudah.

Sementara itu di Sidoarjo try out digelar di SMA Antartika Siwalanpanji. Latihan Unas itu diikuti ribuan siswa dari 10 SMA. Diantaranya adalah SMA Antartika, MAN 1 Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Cendekia, SMA PGRI 1, SMA PGRI 2, SMAN I Taman, SMAN I Wonoayu, SMAN I Porong, dan SMAN I Krembung.

Mengenai mata pelajaran yang diujikan, untuk IPA meliputi pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan IPS terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, ekonomi, sosiologi, dan geografi.

“Untuk soal-soal ini kami bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) HRM Indonesia”, kata Dr. Marheany. Djumadi, panitia try out serentak, yang juga Ketua Bidang Ideologi dan Strategi Politik, Taruna Merah Putih Jatim.

Marhaeny memastikan hasil try out juga akan diumumkan di Harian Surya. Di pengumuman ini akan terlihat peserta mana yang lulus dan mana yang tidak. Hal ini penting untuk evaluasi siswa menyongsong Unas sesungguhnya 15 April 2013.

Hasil ini juga akan diberikan ke Dinas Pendidikan kota/kabupaten setempat sebagai bahan pemetaan.

Teks Foto : SERENTAK - Wakil Walikota Bambang DH didampingi Ketua Try Out Wilayah Surabaya, Muharrom, mengamati peserta yang mengikuti try out di Gedung Untag Surabaya, Minggu (13/3). Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Sumber : Harian Surya, hal. 15, 4 Maret 2013

Untagtual

Dari Untag Surabaya untuk DKI-2
22 Dec 2014 04Dari Untag Surabaya untuk DKI-2

Begitu banyak kisah yang dapat kita petik sebagai pelajaran di dunia ini dan banyak sekali hikmah yang dapat diambil sebagai motivasi dan kekuatan untuk kita dalam menjalani hidup yang penuh dengan tantangan dan cobaan. Sering kali kita putus asa ketika harapan dan keinginan tidak terwujud padahal di balik itu semua sebenarnya ada hal yang patut kita syukuri sebagai kekuatan buat kita bangkit dari keterpurukan.  Djarot Saiful Hidayat, nama itulah yang akhirnya terpilih menjadi pendamping Bas [ ... ]

Selengkapnya
Atensi dan Empati untuk Rani
20 Dec 2014 08Atensi dan Empati untuk Rani

Tragedi penyanderaan yang menimpa Zahriani Putri Agustin, siswi SDN Tlogo Patut 2 Gresik beberapa hari yang lalu tidak hanya mendatangkan simpati dari kalangan lembaga swadaya masyarakat (LSM) saja tapi juga dari kalangan akademisi.  Sebagai wujud atensi sekaligus empati atas kejadian yang menjadi headline di beberapa harian surat kabar tersebut, Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya secara langsung mengunjungi kediaman Rani di Gresik. Dalam kunjungannya, Fakultas Hukum Untag  [ ... ]

Selengkapnya
Investasi Bukan Judi
19 Dec 2014 08Investasi Bukan Judi

Saat ini, lulusan perguruan tinggi bukan lagi diukur berapa besar IPK nya melainkan kompetensi, talenta, dan skill. Pasar modal adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan instrumen keuangan yang berhubungan langsung dengan pelaku saham atau investor. Pasar modal merupakan sarana pendanaan usaha bagi lembaga atau bagaimana perusahaan untuk mendapatkan dana dari investor guna mengembangkan usaha. Pemahaman mengenai investasi pasar modal inilah yang dikupas tuntas dalam Kuliah Umum [ ... ]

Selengkapnya
Bupati Tana Tidung Raih Gelar Doktor di Untag Surabaya
19 Dec 2014 08Bupati Tana Tidung Raih Gelar Doktor di Untag Surabaya

Secara sosiologis, politis, dan yuridis, pembentukan Kabupaten Tana Tidung telah mencerminkan sikap aspirasi masyarakat, yang tercermin di dalam presidium daerah pembentukan Kabupaten Tana Tidung yang dideklarasikan oleh masyarakat rumpun Tidung melalui perwakilannya pada 23 Nopember 2002. Disamping itu, juga telah memperoleh dukungan dari DPRD dan DPR RI, serta telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Dalam disertasinya, Undunsyah menyebutkan bahwa dasar pemekaran wilayah Prov [ ... ]

Selengkapnya
Sempat Dicibir, Kini Jabat Kepala Kantor Kemenag Tuban
19 Dec 2014 08Sempat Dicibir, Kini Jabat Kepala Kantor Kemenag Tuban

Beberapa lelaki berpakaian Korpri dan peci hitam terlihat masuk ke Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban. Salah satunya tampak seperti pejabat, sementara yang lain mendampingi hingga kursi di atas panggung. Rupanya lelaki inilah yang akan membuka Campus Fair MAN Tuban, Rabu(17/12) yang kami hadiri. Pembawa acara memperkenalkan beliau sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Tuban. Nama lelaki itu adalah Abdul Wahid, MPdI. Dengan ramah beliau menyambut kami para wakil perguruan tinggi yang h [ ... ]

Selengkapnya

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  Fasilitas pembelian formulir pendaftaran mahasiswa baru online 

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Doktor (S3)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Magister (S2)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Sarjana (S1)

University Partners