• KERJASAMA

      Kerjasama yang pernah dijalin dan karya kerjasama

    • HASIL KARYA

      Kumpulan karya mahasiswa & dosen menarik versi mass media

    • PRESTASI

      Capaian prestasi lembaga, mahasiswa, dosen dan karyawan

Siswa Jurusan IPA Mendominasi

  • Published: Thursday, 19 December 2013 09:36
  • Written by Admin
  • Hits: 711

Try Out Serentak Taruna Merah Putih

 

SURABAYA, SURYA – Siswa SMA kelas XII jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) mendominasi try out Ujian Nasional (Unas) yang digelar DPD Taruna Merah Putih Jatim di Gedung Graha Widya, Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Hal ini disampaikan ketua panitia try out Surabaya, Muharrom, Minggu (3/3).

“Di Untag pesertanya 250. Peserta dari jurusan IPA yang paling dominan. Sedangkan dari jurusan IPS hanya beberapa”, kata Muharrom.

Lebih lanjut, Muharrom menjelaskan mayoritas peserta try out di Untag adalah siswa SMA di kawasan sekitar kampus itu, seperti SMA Negeri 6, 15, 9, dan sekitarnya.

“Kalau seluruh Surabaya pesertanya 2.000 orang”, tandasnya. Nanti, bagi peserta try out di Surabaya yang nilainya tertinggi untuk IPA dan IPS mendapat hadiah ponsel.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 itu, kemarin secara seremonial dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH. Hadir pada kesempatan itu Ketua Peringatan HUT PDIP ke-40 Ali Mudji dan Tri Didik Adianto dari DPD Taruna Merah Putih PDIP.

Selain di Surabaya, try out ini juga digelar serentak di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Total ada sekitar 40.000-an peserta seluruh Jatim”, kata Muharrom.

Menurut Tri Didik kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pendidikan bagi siswa-siswi yang akan menghadapi Unas.

“Kegiatan semacam ini bukan hanya sampai disini saja. Kami akan terus evaluasi untuk mengadakan try out lagi, khususnya nanti pada saat mendekati Unas. Terutama daerah Surabaya”, jelas Tri.

Sementara itu, Bambang DH mengungkapkan bahwa tingkat kesulitan soal Unas pada tahun ini meningkat dibangdingkan tahun lalu. “Tahun ini tingkat kesulitan soal Unas meningkat dari 10 persen menjadi 30 persen”, ungkap Bambang DH.

Maksudnya, lanjut Bambang DH, tingkat kesulitan soal Unas tahun ini 30 persen masuk kategori sulit, 60 persennya sedang, dan 10 persennya mudah.

Sementara itu di Sidoarjo try out digelar di SMA Antartika Siwalanpanji. Latihan Unas itu diikuti ribuan siswa dari 10 SMA. Diantaranya adalah SMA Antartika, MAN 1 Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Cendekia, SMA PGRI 1, SMA PGRI 2, SMAN I Taman, SMAN I Wonoayu, SMAN I Porong, dan SMAN I Krembung.

Mengenai mata pelajaran yang diujikan, untuk IPA meliputi pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan IPS terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, ekonomi, sosiologi, dan geografi.

“Untuk soal-soal ini kami bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) HRM Indonesia”, kata Dr. Marheany. Djumadi, panitia try out serentak, yang juga Ketua Bidang Ideologi dan Strategi Politik, Taruna Merah Putih Jatim.

Marhaeny memastikan hasil try out juga akan diumumkan di Harian Surya. Di pengumuman ini akan terlihat peserta mana yang lulus dan mana yang tidak. Hal ini penting untuk evaluasi siswa menyongsong Unas sesungguhnya 15 April 2013.

Hasil ini juga akan diberikan ke Dinas Pendidikan kota/kabupaten setempat sebagai bahan pemetaan.

Teks Foto : SERENTAK - Wakil Walikota Bambang DH didampingi Ketua Try Out Wilayah Surabaya, Muharrom, mengamati peserta yang mengikuti try out di Gedung Untag Surabaya, Minggu (13/3). Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Sumber : Harian Surya, hal. 15, 4 Maret 2013

Untagtual

Rela Tidak Liburan Demi Menjinakkan Si Jago Merah
31 May 2015 20Rela Tidak Liburan Demi Menjinakkan Si Jago Merah

Selalu siaga dan sigap kapanpun, bergelut dengan panasnya kobaran api, menuai pujian, namun tak jarang pula mendapatkan caci maki dari masyarakat. Itulah yang dirasakan oleh setiap pasukan Pemadam Kebakaran (PMK) di kota-kota besar termasuk Surabaya. Mario Alan, SH, salah satu anggota PMK Kota Surabaya juga tidak menampik hal itu. “Untuk itulah setiap pasukan PMK telah dilatih untuk bersikap sabar dalam menghadapi berbagai kondisi yang terjadi ketika di lapangan,” ujar alumnus Fakultas Hu [ ... ]

Selengkapnya
Dispora Jatim dan Untag Surabaya Gelar Festival Olahraga Tradisional se-Jawa Timur 2015
31 May 2015 20Dispora Jatim dan Untag Surabaya Gelar Festival Olahraga Tradisional se-Jawa Timur 2015

Setelah sukses dengan Festival Olahraga Tradisional pada tahun 2013 lalu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Untag Surabaya kembali menggelar Festival Olahraga Tradisional Jawa Timur yang diselenggarakan di Untag Surabaya (30/5). Kegiatan yang digelar di halaman parkir utara Untag Surabaya tersebut dibuka langsung oleh Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. drg. Hj. Ida Aju Brahmasari, Dipl, DHE, MPA, dan disaksikan langsung oleh pihak Dispora Jatim bersama se [ ... ]

Selengkapnya
FH Untag Surabaya Berikan Penyuluhan Hukum di Desa Wonosalam, Jombang
26 May 2015 20FH Untag Surabaya Berikan Penyuluhan Hukum di Desa Wonosalam, Jombang

Kasus perzinahan, pencurian, dan tingginya angka pernikahan dini yang banyak terjadi di lingkungan pedesaan adalah hal yang paling sering dijumpai. Hal ini menjadi sebuah masalah tersendiri bagi masyarakat desa terlebih minimnya pengetahuan hukum yang dimiliki akan hal-hal tersebut. Faktor inilah yang memotivasi Fakultas Hukum Untag Surabaya dalam memberikan sosialisasi mengenai hukum yang berkaitan dengan ketiga hal tersebut di Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang (26/5). D [ ... ]

Selengkapnya
Siswa Training Ship Hanbada Korea Kunjungi Untag Surabaya
25 May 2015 01Siswa Training Ship Hanbada Korea Kunjungi Untag Surabaya

Mahasiswa Untag Surabaya sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang mendapatkan kehormatan dari pihak Korean Association Jawa Timur untuk menyambut kedatangan kapal T/S Hanbada yang bersandar di dermaga Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (22/5). Kapal milik sekolah pelayaran Korea Selatan tersebut singgah di Surabaya dalam rangka pesiar ke beberapa negara di Asia Tenggara, diantaranya Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kedatangan kapal latih bagi siswa pelayaran Korea tersebut juga disam [ ... ]

Selengkapnya
Jangan Biarkan Emosi Datang Ketika Mengemudi
21 May 2015 06Jangan Biarkan Emosi Datang Ketika Mengemudi

Tingginya angka kecelakaan di jalan raya saat ini sudah sangat memprihatinkan. Bukan hanya dinas terkait saja yang harus tanggap akan hal ini, namun juga para pengguna jalan raya itu sendiri. Kurangnya kesadaran akan keselamatan di jalan raya ternyata masih menjadi faktor kuat sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas. Dari sekian banyak kasus kecelakaan ternyata tidak sedikit yang melibatkan angkutan umum, seperti bis, angkutan kota, dan taksi. Salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering [ ... ]

Selengkapnya

Pendaftaran Mahasiswa Baru

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Doktor (S3)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Magister (S2)

 Persyaratan & Biaya Pendidikan Program Sarjana (S1)