Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

KANSAI UNIVERSITY KENALKAN BUDAYA DAN STUDI DI JEPANG LEWAT KOMA DAN NYUMEN


Sabtu, 07 Oktober 2017 - 13:34:14 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 435 kali


Fakultas Sastra Jepang Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG)bekerja sama dengan Kansai University Jepang kembali mengadakan kuliah tamu tentang pendidikan di Jepang, di R. Ing. Sukonjono, Lt. 1 Graha Wiyata Untag Surabaya (6/10/2017).Kepala dan staf Divisi Internasional Affair Kansai University, Mr. Tsukamoto dan Mr. Iijima berduet memberikan pemaparan tentang bagaimana caramendapatkan peluang belajar di Negeri Sakura. Sekitar 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Sastra Untag nampak sangat anstusias dan serius mendengarkan pemaparan materi yang juga diisi dengan pengenalan tentang budaya Jepang itu.

Salah satu budaya khas Jepang yang didemonstrasikan dalam kuliah umum tersebut adalah permainan tradisional jepang, Koma. Permainan tersebut sangat mirip dengan permainan tradisional Indonesia yaitu gasing. Di Indonesia permainan gasing merupakan permainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Sementara Koma sudah populer di Jepang sejak 300 Tahun silam. Selain gasing ala Jepang,  Tsukamoto dan Iijima juga mengenalkan permainan tradisional jepang lainnya yaitu Jankenpon atau dalam bahasa indonesia sering disebut dengan permainan gunting batu kertas.

Yang tak kalah menariknya,Mr. Tsukamoto dan Mr. Iijima juga mengenalkan masakan Jepang yang berbahan dasar mie yang dipadukan dengan rumput laut dan jahe yang bernama Nyumeen. Peserta makin antusias menyaksikan demo memasak mie Jepang yang bentuknya setipis-tipis lidi.

Wakil Dekan Fakultas Sastra Untag Subaya, Umul Khasanah menyatakan, acara ini merupakan agenda rutin setelah Fakultas Sastra Jepang Untag menjalin 2 tahun kerjasama dengan Kansai University dalam bidang Budaya serta edukasi pendidikan di Jepang. “Ini merupakan kunjungan rutin Kansai University setiap tahun dalam rangka mengenalkan budaya jepang dan memberikan kisi – kisi agar bisa memperoleh peluang untuk belajar ke Jepang.” Umul menambahkan, dirinya berharap agar mahasiswa Program StudiSastra Jepang Untag Surabaya makin termotivasi belajar ke negeri sakura. “Dengan kegiatan ini, mereka pun bisa lebih mengenal dan memahami budaya tradisional Jepang,”tambahnya di sela-sela acara.(ad)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :